Cerita Penumpang KRL Sengaja Ikut Tes Antigen Acak karena Gratis

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 10:49 WIB
Tes antigen acak di Stasiun Bekasi (Foto: Dwi/detikcom)
Foto: Tes antigen acak di Stasiun Bekasi (Foto: Dwi/detikcom)
Bekasi -

PT KAI Commuter menggelar tes antigen Corona atau COVID-19 secara acak di Stasiun Bekasi. Penumpang mengaku sengaja datang untuk melakukan tes antigen gratis.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (22/6/2021), beberapa penumpang justru datang untuk melakukan tes sebelum jadwal pengecekan dimulai. Salah satu penumpang, Sandra (28), mengaku sengaja antre untuk melakukan pengecekan.

"Kemarin sore udah ke sini tapi tutup, jadi sekarang sengaja ke sini. Mau antisipasi karena di dekat rumah ada yang kena, di kantor juga ada," ujar Sandra.

Sandra mengatakan dirinya izin telat datang ke kantor untuk ikut tes antigen terlebih dulu. Meski tidak kontak langsung dengan temannya yang terpapar COVID-19, namun pengecekan tetap dilakukan.

"Sebelumnya sudah pernah tes, di kantor ada yang positif nggak kontak langsung sih cuma kan satu kantor jadi pegang barang-barang kantor buat antisipasi sendiri aja ngecek. Masuk kerja jam 8 tapi sudah izin ke kantor mau ikut tes antigen dulu," kata Sandra.

Warga lainnya, Okta (24), juga sengaja datang ke lokasi tes antigen acak di Stasiun Bekasi. Okta mengaku baru pertama kali melakukan tes antigen dan sengaja memanfaatkan fasilitas gratis.

"Ini baru pertama kali, tahu dari aplikasi info KRL, sebelumnya belum pernah. Karena kantor ada yang postif jadi biar jaga-jaga saya izin kantor ikut tes di sini," kata Okta.

"Sekalian kan karena gratis jadi cek aja, kalau di luar kan biayanya lumayan," sambungnya.

Diketahui, PT KAI Commuter melakukan tes acak antigen virus Corona atau COVID-19 di enam stasiun di Jabodetabek. Pengecekan acak ini dilakukan sejak kemarin, Senin (21/6).

Tes acak berlangsung pagi dan sore hari. Pengecekan dilakukan karena adanya lonjakan kasus harian COVID-19.

Enam stasiun yang menggelar tes antigen acak ialah Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Tangerang, Stasiun Manggarai dan Stasiun Tanah Abang.

Alur Ikut Tes Antigen di Stasiun

Penumpang yang datang ke Stasiun Bekasi akan ditanya kesediaannya mengikuti tes antigen Corona acak. Ada lima orang petugas stasiun yang berjaga di sekitar lokasi pengecekan.

Terdapat dua meja dan tiga kursi yang disediakan untuk pengecekan. Satu meja berfungsi untuk pengisian data, sementara meja lainnya ada di ruang pengecekan.

Calon penumpang yang akan melakukan tes antigen dipersilakan mengantre di kursi yang telah disediakan. Para calon penumpang diarahkan mengisi data diri, berupa nama, NIK dan beberapa data lain.

Sebelum mengisi data, petugas terlihat menjelaskan tujuan dari tes antigen acak tersebut. Petugas kemudian melakukan pengecekan suhu.

"Tes antigen diadakan berdasarkan instruksi Menhub terkait lonjakan COVID-19, tes ini diadakan di beberapa stasiun salah satunya di Stasiun Bekasi, tes ini dilakukan secara acak dan sukarela, bapak bersedia?" ujar petugas Wilzam ke calon penumpang.

Setelah melakukan pengisian data, petugas mempersilakan penumpang melakukan tes antigen. Petugas yang melakukan tes terlihat menggunakan alat pelindung lengkap.

Usai melakukan pengecekan, penumpang diminta menunggu 10 hingga 15 menit untuk mengetahui hasil. Penumpang yang hasilnya negatif dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Sedangkan calon penumpang yang reaktif diminta untuk pulang dan dianjurkan melakukan pemeriksaan lanjut dengan tes PCR. Hasil tes akan disampaikan kepada Satgas COVID-19.

Simak video 'Pengguna KRL Setuju Ada Tes Acak Antigen di Stasiun':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/haf)