Tetap Aman Bepergian Naik KRL di Masa Pandemi, Ini Caranya

Erika Dyah - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 09:08 WIB
Calon pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line menjalani tes antigen di stasiun Bekasi, Jawa Barat, Senin, 21 Juni 2021. Langkah itu diambil menyusul tren kasus Covid-19 yang meningkat di wilayah Jakarta dan sekitarnya. CNNIndonesia/Safir Makki
Foto: CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Tanah Air mengalami lonjakan dalam beberapa waktu terakhir, termasuk juga di wilayah Jakarta. Berdasarkan data Satgas COVID-19, pada Minggu (20/6) terjadi penambahan kasus hingga 5.582 di DKI Jakarta.

Meski demikian, tak sedikit orang yang masih harus beraktivitas secara komuter dari dan ke Jakarta. Banyak orang di wilayah Jabodetabek memilih menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) untuk menuju tempat kerja atau kegiatan lainnya. Selain murah dan efektif, penggunaan KRL juga dinilai lebih efisien dibanding moda transportasi umum lainnya.

Melihat tingginya kasus COVID-19, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) turut merespons kondisi ini dengan mengadakan tes swab antigen Corona secara acak di enam stasiun. Tes antigen acak ini dilakukan mulai Senin (21/6) di Stasiun Bogor, Bekasi, Cikarang, Tangerang, Manggarai, dan Tanah Abang hingga seminggu ke depan.

Tak hanya itu, selama pandemi berlangsung penggunaan KRL juga dibatasi dan diperketat dengan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan demi mencegah penularan virus COVID-19 bagi para penggunanya.

Bagi para pengguna setia KRL, Anda bisa ikuti cara yang dilansir dari situs Satgas COVID-19 berikut ini agar tetap aman dan bisa menjaga kesehatan saat bepergian naik KRL di masa pandemi.

1. Tidak bermain gadget saat berada di dalam KRL seperti smartphone maupun tablet. Sebab perangkat ini bisa berpotensi tercemar virus dan menularkannya di KRL.

2. Ikuti aturan pembedaan jam masuk/pulang kantor dan perhatikan juga waktu operasional KRL yang telah disesuaikan untuk menghindari kerumunan akibat lonjakan penumpang.

3. Tertib menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar penumpang, serta memakai masker penutup mulut dan hidung dengan benar sesuai anjuran.

4. Mengurangi interaksi percakapan dalam perjalanan untuk menghindari droplet agar penularan virus dapat dihindari.

5. Menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap naik dan turun dari KRL.

Selain cara-cara di atas Anda juga bisa ikuti selalu informasi resmi dari pemerintah tentang upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dengan upaya ini, diharapkan kita semua tetap dapat beraktivitas dengan aman dan produktif serta terhindar dari penularan COVID-19.

Simak video 'Pengguna KRL Setuju Ada Tes Acak Antigen di Stasiun':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)