Tes Acak di Stasiun Bekasi, 1 Calon Penumpang Reaktif Antigen Corona

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 10:05 WIB
Bekasi -

Tes antigen secara acak dilakukan di Stasiun Bekasi, Jawa Barat. Ada satu orang yang dinyatakan reaktif berdasarkan tes antigen Corona atau COVID-19.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (22/6/2021), tes antigen dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Tes hari ini disiapkan bagi 20 penumpang.

Kuota 20 orang ini terpenuhi hingga pukul 09.00 WIB. Berdasarkan pantauan, terdapat satu orang yang dinyatakan reaktif Corona.

Satu orang yang dinyatakan reaktif tersebut diminta kembali ke rumah. Petugas juga tampak menjelaskan dan mengimbau orang tersebut menjalani tes PCR.

Sementara itu, 19 orang lainnya dinyatakan negatif dan dipersilakan melanjutkan perjalanan ke stasiun tujuan.

Tes Secara Sukarela

Penumpang yang datang akan diminta mengikuti tes antigen acak secara sukarela. Ada lima petugas stasiun yang berjaga di sekitar lokasi pengecekan.

Para petugas ini tampak mengarahkan calon penumpang yang bertanya terkait tes antigen acak tersebut. Selain itu, petugas menawari penumpang yang ingin melakukan tes antigen secara gratis.

Terdapat dua meja dan tiga kursi yang disediakan untuk pengecekan. Satu meja berfungsi untuk pengisian data, sementara meja lainnya ada di ruang pengecekan.

Calon penumpang yang akan melakukan tes antigen dipersilakan mengantre di kursi yang telah disediakan. Para calon penumpang diarahkan mengisi data diri, berupa nama, NIK, dan beberapa data lain.

Sebelum mengisi data, petugas terlihat menjelaskan tujuan dari tes antigen acak tersebut. Petugas kemudian melakukan pengecekan suhu.

"Tes antigen diadakan berdasarkan instruksi Menhub terkait lonjakan COVID-19, tes ini diadakan di beberapa stasiun salah satunya di Stasiun Bekasi, tes ini dilakukan secara acak dan sukarela, bapak bersedia?" ujar petugas Wilzam ke calon penumpang.

Setelah mengisi data, petugas mempersilakan penumpang menjalani tes antigen. Petugas yang melakukan tes terlihat menggunakan alat pelindung lengkap.

Usai melakukan pengecekan, penumpang diminta menunggu 10-15 menit untuk mengetahui hasil. Penumpang yang hasilnya negatif dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Sementara itu, calon penumpang yang reaktif diminta pulang dan dianjurkan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan tes PCR. Hasil tes akan disampaikan kepada Satgas COVID-19.

(dwia/haf)