Tempat Isolasi Pasien Corona di Wisma TMII-Ragunan Tersisa 22 Kamar

Adhyas - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 14:32 WIB
Ilustrasi Corona
Ilustrasi Corona
Jakarta -

Ketersediaan tempat isolasi pasien positif Corona atau COVID-19 di Graha Wisata TMII dan Ragunan menipis. Hanya tersisa total 22 kamar di dua lokasi itu.

Kepala Subbagian Tata Usaha Unit Pengelola Anjungan dan Graha Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Ranty Ariany mengatakan Graha Wisata TMII telah menerima 124 orang pasien COVID-19 tak bergejala. Total kamar yang terpakai sebanyak 67 dari 78 kamar. Tiap kamar bisa diisi oleh 2-3 pasien.

"Jumlah kamar tersisa 11 kamar," kata Ranty saat dihubungi, Sabtu (19/6/2021).

Sementara itu, di Graha Wisata Ragunan, jumlah pasien COVID-19 sebanyak 46 orang. Dari 33 kamar yang disediakan, 22 di antaranya telah terisi.

"Sisa kamar tersedia 11 kamar. Jumlah pasien yang menginap 46 orang," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti sebelumnya sempat menyebut ketersediaan tempat isolasi pasien COVID-19 di Jakarta terus menipis. Dia mengatakan sejumlah wisma yang disiapkan Pemprov DKI untuk isolasi pasien Corona sudah terisi 80 persen.

"Tingkat keterisian kita saat ini untuk di DKI Jakarta tentu Wisma Atlet ada sekitar 72,5 persen, sedangkan keterisian di wisma-wisma di DKI Jakarta sekitar 80 persen, sambil kita siapkan di Nagrak ini masih kosong," kata Widyastuti, di YouTube BNPB Indonesia, Kamis (17/6).

Widyastuti mengatakan Rusun Nagrak, Cilincing, Jakut, memiliki kapasitas 2.500 ruang isolasi. Namun, DKI masih menyiapkan setengahnya, yakni untuk menampung 1.000 orang.

"Kita switch menjadi tempat isolasi terkendali sambil menyiapkan yang sudah ready adalah sekolah menengah kejuruan yang mempunyai wisma-wisma yang dikelola pihak sekolah dan wisma yang ada di Taman Mini, Ragunan, dan ada beberapa masjid yang kita ubah di rusun di Jakarta Barat kita ubah menjadi tempat isolasi terkendali," paparnya.

Wisma milik Pemprov DKI yang dijadikan tempat isolasi baru diisi untuk tahap pertama. Sementara itu, tahap kedua masih disiapkan. Berikut ini tempat isolasi tahap pertama dengan kapasitas 607 orang:

1. Graha Wisata TMII, kapasitas 100 orang
2. Graha Wisata Ragunan, kapasitas 200 orang
3. Cik's Mansion, kapasitas 77 orang
4. Pusdiklat Gulkarmart Ciracas, kapasitas 30 orang
5. Masjid Raya KH Hasyim Ashari, kapasitas 200 orang

Simak juga 'Anies Imbau Warga DKI Akhir Pekan di Rumah Saja':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)