Round-Up

Pengakuan Lugu Perekam Viral Fenomena 'Matahari Terbit dari Utara'

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 08:30 WIB

Sulaeman bersama guru lainnya langsung kaget melihat matahari terbit dari utara, yang menurutnya fenomena alam yang aneh. Dia lalu merekam video matahari terbit dari utara itu dan membagikannya ke media sosial.

"Saya merasa aneh (matahari terbit dari utara) dan kemudian tanpa maksud apa apa merekam itu," ujarnya.

Sulaeman tidak menduga postingan video matahari terbit dari utara yang dibuatnya bisa viral di media sosial.

"Tidak tahu kenapa tiba-tiba (ada video matahari terbit dari utara) di grup, itu mungkin ada yang share kemana-mana, jadi saya juga kaget kenapa sampai viral seperti ini," kata Sulaeman.

Baru Tahu Fenomena Biasa Setelah Ada Penjelasan BMKG

Sulaeman mengaku baru mengetahui teori matahari tampak terbit dari utara saat dijelaskan BMKG. Dia mengaku belum pernah melihat fenomena serupa.

"Saya melihat penjelasan BMKG, baru saya tahu rupanya itu fenomena alam biasa. Saya baca berita baru saya tahu, karena saya terus terang belum pernah lihat seperti itu, saya juga bukan guru ilmu falak tidak pernah belajar seperti itu," ujar Sulaeman kepada detikcom.

Lapor Polisi

Atas viralnya video itu, Sulaeman lalu meminta maaf kepada masyarakat. Dia juga menghadap ke polisi dan aparat desa untuk menyampaikan permohonan maaf.

"Saya kira itu (matahari terbit dari utara) fenomena luar biasa. Makanya saya minta maaf atas hal itu, tadi juga di masjid sudah menghadap sama Pak Sekda dan Pak Polisi dan saya memberikan penjelasan. Sempat memberikan klarifikasi, itu mungkin hanya persepsi kami dengan teman-teman di sekolah yang keliru," tuturnya.


(knv/dwia)