Warga Jeneponto Buat Viral Matahari Terbit dari Utara Lapor ke Polisi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 15:12 WIB
Tangkapan layar video viral matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto, Sulsel.
Tangkapan layar video viral matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto, Sulsel.
Jeneponto -

Sulaeman, guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), menghadap ke polisi hingga aparat desa karena telah membuat viral matahari terbit dari utara. Sulaeman baru tahu matahari terbit dari utara sebagai fenomena alam biasa setelah mendapat penjelasan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Saya melihat penjelasan BMKG, saya baru tahu rupanya itu (matahari terbit dari utara) fenomena alam biasa. Saya baca berita baru saya tahu," ujar Sulaeman kepada detikcom, Jumat (18/6/2021).

Sulaeman mengaku merekam video matahari terbit dari utara di sekolah tempatnya mengajar pada Kamis (17/6) lalu. Sebab, dia dan guru-guru lainnya saat itu mengaku takjub terhadap matahari yang tampak terbit dari utara.

"Karena saya terus terang belum pernah lihat seperti itu, saya juga bukan guru ilmu falak tidak pernah belajar seperti itu," katanya.

Atas viralnya video itu, Sulaeman lalu meminta maaf kepada masyarakat. Dia juga menghadap ke polisi dan aparat desa untuk menyampaikan permohonan maaf.

"Saya kira itu (matahari terbit dari utara) fenomena luar biasa. Makanya saya minta maaf atas hal itu, tadi juga di masjid sudah menghadap sama Pak Sekda dan Pak Polisi dan saya memberikan penjelasan. Sempat memberikan klarifikasi, itu mungkin hanya persepsi kami dengan teman-teman di sekolah yang keliru," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.