Matahari Terbit di Utara di Sulsel Bukan Tanda Kiamat, Ini Kata Pakar

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 10:40 WIB
Makassar -

Warga di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), dibuat kaget oleh penampakan matahari yang tampak terbit di sebelah utara. Pakar astronomi menjelaskan soal fenomena ini.

"Orang awam kan hanya melihat di mata, kelihatan matahari terbit di utara. Kita lihat matahari karena sinarnya lurus sampai ke kita. Kalau cahaya matahari dibelokkan, bagaimana? Itu karena bergantung partikel udara yang ada di daerah itu," kata pakar astronomi Unhas, Nurhasannah, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (18/6/2021).

Dia mengatakan fenomena astronomi yang sering dilaporkan ialah saat masyarakat melihat ada matahari lebih dari satu. Nurhasannah mengatakan fenomena-fenomena itu tak terkait dengan tanda kiamat.

"Yang lebih sering itu matahari jadi terlihat ada empat atau tiga, itu termasuk di udara. Kalau fenomenanya itu atmosfer," ucapnya.

"Bukan, bukan tanda kiamat. Dari segi ilmu posisi matahari dalam keadaan stabil. Kalaupun dia ada di utara, berarti ada yang buat dia tidak stabil seperti itu," imbuh dia.

Untuk gerak semu matahari, dia menjelaskan, posisi bumi tetap pada jalurnya mengelilingi matahari. Namun manusia tidak ada melihat gerakan itu.

Orbit atau lingkaran yang seakan-akan dilintasi matahari jika dilihat dari bumi itu disebut ekleptika. Pada benda langit, bagian edar berupa garis khayal yang menjadi jalur lintasan benda-benda langit dalam mengelilingi suatu titik pusat sistem atur surya.

"Nah, sebenarnya itu pada saat misalkan kita ada di lintang mana, posisi pengamatnya ada di mana? Kalau pengamat itu ada di sekitar Kutub Utara atau Kutub Selatan misalnya, mungkin dia agak miring sedikit posisi. Kalau kita di ekuator, maka di atas kepala kita ekuator. Kalau di daerah Kutub Selatan atau Utara, maka di atas kepala kita itu adalah kutub langit utara dan atau kutub langit selatan," jelas Nurhasannah.

Untuk kasus di Jeneponto, Nurhasannah menilai peristiwa terjadi karena adanya pengaruh optik yang menjadi fenomena atmosfer. Menurutnya, di langit banyak terdapat partikel seperti partikel udara dan air.

Dia memastikan letak matahari tetap berada di posisnya dan tidak ada fenomena menakutkan yang membuat matahari bergeser dari posisinya.

"Itu akan memantulkan cahaya matahari kayak terfokus di daerah utara," terangnya.

Viral Mentari Terbit di Utara

Sebelumnya, warga di Kabupaten Jeneponto, Sulsel, dibuat geger oleh penampakan matahari terbit dari utara. Warga lalu merekam video momen matahari terbit dari utara dan kemudian viral di media sosial.

Dalam video yang viral, tampak perekam video mengarahkan kamera ke arah matahari yang disebutnya terbit dari utara. Dalam keterangan perekam, video matahari terbit dari utara itu diambil di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binamu, Jeneponto, pada Kamis (17/6).

Masih dalam video viral, tampak sejumlah guru MAN Binamu yang kebingungan menyaksikan matahari terbit dari arah utara.

"Saya katakan ini adalah keanehan karena sebelumnya saya belum pernah melihat di mana yang menjadi kebiasaan (matahari) terbit dari timur sebelah timur," kata perekam video.

"Tapi sekarang baru menjelang jam 8 pagi ternyata matahari sudah berada pada posisi utara, tidak biasanya terjadi seperti itu," lanjutnya.

Terkait fenomena ini, banyak juga warganet yang bertanya-tanya. Ada yang mencoba mengaitkan dengan tanda-tanda kiamat.

(fiq/jbr)