Kapolda Metro: Ada 2 Kelompok Besar Pungli-Premanisme di Tanjung Priok

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 16:04 WIB
Polda Metro Jaya terus melakukan pemberantasan pungli di Pelabuhan Tanjung Priok. Baru-baru ini, polisi mengungkap empat kelompok pelaku pungli.
Polda Metro Jaya ungkap pelaku pungli di luar kawasan Pelabuhan Priok. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan ada 2 kelompok besar yang melakukan pungli dan premanisme yang mengganggu aktivitas sopir truk Pelabuhan Tanjung Priok. Dua kelompok ini ada yang beroperasi di dalam dan di luar area Pelabuhan Tanjung Priok.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ada 2 kelompok besar pelaku pungli dan pelaku premanisme di wilayah pelabuhan," Irjen Fadil Imran kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Fadil Imran menyebutkan kelompok pungli di dalam kawasan pelabuhan beroperasi di wilayah yang menyangkut pelayanan.

"Pertama kelompok yang beroperasi di dalam wilayah pelayanan pelabuhan, baik itu di wilayah pelabuhan maupun di luar wilayah pelabuhan atau kita kenal dengan nama depo atau tempat bongkar-muat," tuturnya.

Pungli di Setiap Pintu Perlintasan

Modus operandi kelompok yang bermain di dalam area Pelabuhan Tanjung Priok ini mengambil pungli hampir di setiap pintu perlintasan.

"Modus operandi mengutip sejumlah uang di setiap pintu perlintasan kepada sopir truk kontainer dengan variasi mulai dari 2 ribu sampai 20 ribu," katanya.

Terkait kelompok pungli di dalam kawasan Pelabuhan Tanjung Priok ini, tim khusus Polda Metro Jaya telah menangkap 50 pelaku.

Simak kelompok yang bermain di luar Pelabuhan Tanjung Priok, di halaman selanjutnya

Lihat juga Video: Pungli di Pelabuhan Tanjung Priok Berkedok Jasa Pengamanan

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2