detikcom Do Your Magic

Setelah Ditambal Aspal, Busway Depan Halte Kuningan Timur Kini Dibeton

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 09:58 WIB
Penambalan busway Halte Kuningan Timur dengan beton. (Dok Dinas Bina Marga DKI)
Penambalan busway Halte Kuningan Timur dengan beton. (Dok Dinas Bina Marga DKI)
Jakarta -

Permukaan aspal busway (jalur bus Transjakarta) depan Halte Kuningan Timur sempat rusak dan sudah ditambal sejak awal bulan. Kini, supaya lebih maksimal, permukaan jalan itu dibeton.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menjelaskan perbaikan di depan Halte Transjakarta Kuningan Timur, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan dilakukan pada Kamis (17/6/2021) pukul 05.30 WIB pagi tadi.

"Kita perbaiki dengan beton rapid setting atau beton cepat keras," kata Hari Nugroho kepada detikcom.

Beton yang digunakan untuk memperkeras jalan bus Transjakarta itu adalah jenis beton yang tak perlu menunggu lama untuk menjadi keras. Soalnya, aktivitas Transjakarta tak bisa menunggu terlalu lama.

"Dalam waktu 6 sampai 8 jam langsung bisa keras dan langsung digunakan," kata Hari Nugroho.

Penambalan busway Halte Kuningan Timur dengan beton. (Dok Dinas Bina Marga DKI)Penambalan busway Halte Kuningan Timur dengan beton. (Dok Dinas Bina Marga DKI)

Permukaan busway ini sempat terpantau rusak pada Jumat (4/6) lalu. Ada lubang sekitar 50 cm dan batu-batu kecil berserakan. Penumpang bus Transjakarta merasa kurang nyaman dengan kondisi ini karena bus yang ditumpangi menjadi terhuyung-huyung bila melewati jalan rusak.

Pada Senin (7/6) lalu, permukaan jalan yang rusak sudah ditambal aspal hitam. Panjang jalan yang dilapisi aspal sekitar setengah meter. "Nyaman, nggak goyang-goyang lagi," kata penumpang Transjakarta bernama Niki (23) kepada detikcom di lokasi pada saat itu.

Simak juga 'Usul Jalur Sepeda Dibongkar hingga Disetujui Kapolri':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)