Cek Lumpur Penyumbat Parit, Bobby Janji Bongkar Total Drainase di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 19:09 WIB
Bobby saat sidak cek lumpur di parit yang mampet di Medan (Datuk-detikcom)
Bobby saat sidak cek lumpur di parit yang mampet di Medan. (Datuk/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, kembali beraksi. Kali ini, Bobby mengecek parit mampet yang dikeluhkan warga sering memicu banjir di Medan Sunggal.

Pantauan detikcom di Jalan Sunggal, Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Rabu (16/6/2021), tampak Bobby mengawali sidak dengan mengajak warga setempat berbicara. Dia kemudian terlihat mengambil kayu yang ada di dekat parit.

Dia kemudian menusukkan kayu tersebut ke dalam parit yang dipenuhi lumpur. Tampak hanya sebagian kecil kayu yang masuk ke parit. Bobby menilai hal itu menunjukkan parit dipenuhi lumpur sehingga tersumbat.

"Ini yang masyarakat Medan lihat dan rasakan drainase banyak yang tersumbat, bahkan terputus," kata Bobby.

Bobby mengatakan masalah parit tersumbat telah dibahas dalam Musrenbang Medan. Dia minta masalah drainase tersumbat di Medan segera dituntaskan.

"Tadi saya sampaikan di Musrenbang kita nggak mau air di drainase kita ini di Kota Medan galau, harus jelas," ujar Bobby.

"Oleh karena itu, tadi saya sampaikan untuk pekerjaan drainase tahun ini tadi saya minta ada kajian teknis betul-betul. Jangan kita ngerjain drainase cuma buang-buang uang, airnya nggak jelas ke mana, tapi anggarannya habis," sambungnya.

Bobby saat sidak cek lumpur di parit yang mampet di Medan (Datuk-detikcom)Bobby saat sidak cek lumpur di parit yang mampet di Medan. (Datuk/detikcom)

Dia meminta ada evaluasi menyeluruh terhadap drainase di Medan. Bobby Nasution mengatakan Pemko Medan bakal membongkar seluruh drainase jika tak beres.

"Jadi saya minta tahun ini pengerjaan di lapangan untuk drainase coba dievaluasi lagi kalau perlu memang tahun depan kita kerjakan semua, kita bongkar. Kita pakai u-ditch saja plat and plan, tahun ini kita buat pengerjaan teknisnya, tapi menunggu tahun depan yang seperti-seperti ini tetap harus dibersihkan," ujar Bobby.

Sementara itu, Lurah Tanjung Rejo Aisyah Rambe mengatakan ada 700 meter drainase yang mampet di jalan tersebut. Pihaknya bakal membersihkan drainase itu setelah ada perintah dari Bobby.

"Kita akan mengorek kembali. Sekitar 700 meter yang mampet salurannya," sebut Aisyah.

Tonton juga Video: Ada Aduan Pungli Jutaan di Kelurahan, Bobby Langsung Sidak

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)