Terawan Sebut Vaksin Nusantara Gampang Sekali Hadapi Mutasi Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 15:36 WIB
Eks Menkes dr Terawan Agus Putranto hadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR. Ia turut pamerkan Vaksin Corona Nusantara yang disebut aman untuk digunakan warga.
Terawan Agus Putranto (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Dokter Terawan Agus Putranto mengungkap cara vaksin Nusantara menghadapi mutasi virus Corona. Terawan mengatakan hanya butuh delapan hari untuk menangkal mutasi COVID-19 itu.

"Mengenai bagaimana tadi vaksin Nusantara ini menghadapi mutasi virus, gampang sekali, hanya butuh delapan hari. Antigennya saya ganti," kata Terawan saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Terawan mengatakan vaksin Nusantara akan menyesuaikan antigen dengan mutasi virus itu. Antigen itu akan dilarutkan dengan sampel darah.

"Kan itu antigen itu rekombinan, jadi dari spike S kita tinggal lihat mutasi mana, tinggal kita gabung-gabung saja. Tadinya spektrum tinggal kita tambahi dari mutasi kayak sekarang Inggris, India, maupun Afrika Selatan," jelasnya.

Terawan mengatakan antigen untuk tiga varian baru Corona telah dipesannya. Hal itu akan dilakukan pada uji klinis tahap ketiga nanti.

"Dan sekarang sedang saya pesan untuk antigennya untuk antigen 3 itu termasuk 3 varian itu saya masukkan," jelasnya.

Lihat Video: Terawan 'Bongkar' Wujud Vaksin Nusantara

[Gambas:Video 20detik]



(lir/gbr)