500 Hari Lebih Harun Masiku Buron, ICW: KPK Memang Tak Mau Tangkap

Sui Suadnyana - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 17:42 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)

ICW Soroti Kinerja Firli Sebagai Ketua KPK

ICW menilai kepemimpinan Firli Bahuri di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai yang terburuk sepanjang sejarah. Bahkan ICW menyebut bahwa lembaga antirasuah itu sudah hancur.

"Pimpinan KPK juga kita lihat, betapa hancurnya lembaga antirasuah itu di bawah komando Firli Bahuri. Saya pribadi dan teman-teman semua mengatakan bahwa ini adalah pimpinan KPK terburuk sepanjang sejarah KPK berdiri," kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam diskusi mengenai KPK secara virtual yang digelar BEM PM Universitas Udayana (Unud), Selasa (15/6/2021).

Kurnia mengatakan salah satu indikator yang bisa dipakai adalah kepercayaan publik terhadap KPK menurun drastis. Pada 2020 ICW mencatat terdapat delapan lembaga survei yang mengonfirmasi hal tersebut.

Terlebih, saat pemerintah ingin menghemat anggaran, KPK justru bertolak belakang dengan meminta kenaikan gaji dari Rp 100 juta menjadi Rp 300-an juta. Kemudian juga meminta pengadaan mobil baru atau mobil dinas di KPK.

Selain itu, ada permasalahan pelanggaran etik, di mana Ketua KPK Firli Bahuri menunjukkan pola hidup hedonisme.

"Hedonisme adalah diksi yang ada di peraturan dewas terkait dengan kode etik sehingga yang bersangkutan dikenakan lagi pelanggaran etik. Saat itu Pak Firli mengendarai atau menggunakan helikopter mewah yang kami menduga, ICW menduga, ada dugaan gratifikasi di sana," kata Kurnia.

"Pak Firli mengatakan itu satu jam itu Rp 7 juta, kami justru sebaliknya. Tidak mungkin helikopter seperti itu dengan kemewahan yang luar biasa harganya cuma Rp 7 juta per satu jam. Maka dari itu, ICW melaporkan Firli Bahuri ke Dewan Pengawas dan Bareskrim Polri," tuturnya.


(nvl/jbr)