Keluarga Ajukan Permohonan Asesmen Rehabilitasi Anji terkait Narkoba

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 11:47 WIB
Jakarta -

Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji yang kini ditahan di Polres Jakbar, mendapat kunjungan dari keluarganya tadi malam. Dalam kesempatan itu, keluarga juga mengajukan permohonan asesmen untuk rehabilitasi Anji.

"Dari keluarga yang bersangkutan juga sudah mengajukan untuk yang bersangkutan bisa di-asesmen," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar kepada wartawan di Polres Jakbar, Selasa (15/6/2021).

Terkait permohonan keluarga Anji itu, Ronaldo tidak memberikan penjelasan lebih lanjut apakah pihaknya akan memfasilitasi permohonan asesmen itu atau tidak. Namun, Ronaldo mengatakan bahwa permohonan rehabilitasi adalah hak dari pada tersangka.

Rehabilitasi bagi pengguna narkoba diatur dalam Pasal 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba. Dalam ketentuan peraturan undang-undang, pengguna narkoba wajib direhabilitasi.

"Jadi dalam UU Narkotika itu setiap pengguna wajib direhabilitasi. Mereka ataupun pihak penyidik--jadi dari pihak keluarga dari yang bersangkutan ataupun penyidik--itu juga dapat mengajukan asesmen," tuturnya.

Tujuan Asesmen

Tujuan asesmen sendiri adalah untuk pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui apakah seseorang memiliki ketergantungan akan narkotika.

"Jadi asesmen itu untuk diperiksa sebetulnya. Di situ ada tim asesmen terpadu di BNNP atau di BNN pusat. Tugas dari tim ini adalah melakukan proses pendalaman, penelitian terhadap yang bersangkutan terkait, apakah memang murni pengguna atau yang bersangkutan terlibat ke pengedar dan sebagainya, termasuk kondisi kesehatan, psikis dan seterusnya," papar.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya