Round-Up

Waspada Lonjakan Corona Makin Nyata di Mana-mana

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 08:05 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Kasus positif Corona atau COVID-19 di Tanah Air mengalami lonjakan di sejumlah daerah dalam beberapa hari belakangan ini. Masyarakat pun diminta waspada dengan lonjakan Corona yang nyata terjadi di sejumlah daerah.

Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito mengungkap sebetulnya ada sejumlah faktor yang menyebabkan melonjaknya kasus COVID-19 di Tanah Air belakangan ini.

"Ya jelas kita maklumi bersama atau pahami bersama bahwa lonjakan kasus yang terjadi ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, yang paling utama mungkin salah satu faktornya adalah adanya mobilisasi masyarakat, konteksnya dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, teristimewa pada saat liburan, ini memacu mobilitas masyarakat menjadi semakin tinggi," kata Letjen TNI Ganip Warsito dalam konferensi pers, Minggu (13/6/2021).

"Artinya mobilitas manusia inilah yang menyebabkan terjadinya transmisi antar manusia satu dengan yang lainnya oleh karenanya konsep untuk menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan, dan mengurangi mobilitas ini adalah satu strategi atau cara yang tepat atau memitigasi lonjakan kasus ini terjadi," ujarnya.

Lonjakan virus Corona beberapa hari belakangan ini ternyata berdampak pada keterisian tempat tidur di sejumlah daerah.

Berikut ini beberapa daerah yang mengalami lonjakan Corona:

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Daftar 22 Provinsi di Indonesia yang Lampu Kuning COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]