Menkes: Corona Varian Delta Mendominasi di Kudus, Bangkalan dan DKI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 16:12 WIB
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, melaporkan perkembangan kasus Corona di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Budi menyebut Corona varian Delta mendominasi di Kudus, Bangkalan dan Jakarta.

"Kami juga menambahkan melaporkan juga ke beliau kenapa ini penting karena beberapa daerah seperti Kudus kemudian, DKI Jakarta dan juga di Bangkalan memang sudah terkonfirmasi varian deltanya atau B1617.2 atau juga varian dari India mendominasi," kata Budi dalam konferensi pers, Senin (14/3/2021).

Budi mengatakan varian ini lebih cepat penularannya. Karena itu, dia meminta penerapan protokol kesehatan diperketat.

"Karena ini penularannya lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan ini perlu benar-benar kedua hal tadi dipercepat atau diperhatikan, implementasi di lapangan dan juga akselerasi vaksinasi," ujar Budi.

Selain itu, Budi mengungkapkan Jokowi meminta vaksinasi di Indonesia dipercepat. Jokowi menargetkan vaksinasi bisa menyentuh 700 ribu per hari di bulan ini.

"Kemudian juga untuk akselerasi vaksinasi disampaikan agar dipercepat beliau meminta agar 700 ribu per hari bulan ini bisa disentuh. Kemudian satu juta vaksinasi per hari untuk bulan depan bisa juga dicapai," ujar Budi.

Percepatan vaksinasi itu dilakukan dengan melibatkan TNI dan Polri. Mereka akan bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Untuk itu beliau sudah menugaskan TNI dan Polri untuk mendampingi bersama-sama dengan vaksinasi program melalui pemerintah daerah untuk bisa melakukan vaksinasi sampai 400 ribu per hari. Sehingga 600 ribu per hari akan melalui jalur pemerintah daerah sedangkan 400 ratus ribu perhari akan dilakukan melalui jalur sentra TNI dan Polri," ujar Budi.

(knv/tor)