Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Sumut Diperpanjang Hingga 28 Juni

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 05:00 WIB
eorang seniman melukis mural di kolong Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta Timur, Rabu (2/12/2020). Nantinya akan ada 100 tiang TOL yang akan dimural dengan gambar protokol kesehatan.
Foto: Ilustrasi Corona (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Medan -

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memperpanjang pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) hingga 28 Juni 2021. Perpanjangan PKM itu dilakukan lantaran penularan COVID-19 di Sumut masih terus menaik.

"Perpanjangan PKM itu berdasarkan instruksi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Nomor 188.54/23/INST/2021," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Irman Oemar, seperti dilansir Antara, Selasa (15/6/2021).

Irman mengatakan perpanjangan PKM itu mulai berlaku hari ini hingga 2 minggu mendatang. Keputusan itu diambil lantaran hingga 14 Juni kemarin, angka positif COVID-19 masih tinggi berada di atas 6,1 persen.

Tak hanya itu angka kematian (Case Fatality Rate/CFR) di Sumut juga masih di atas rata-rata nasional yaitu 3,3 persen. Sementara itu, Irman menyebut angka keterisian tempat tidur isolasi saat ini berada pada angka 43,6 persen dan ICU COVID-19 sebesar 40,88 persen.

Selain masih memperpanjang PKM, katanya, Gubsu Edy Rahmayadi juga menginstruksikan agar seluruh bupati/wali kota se-Sumut mengoptimalkan posko Satgas COVID-19. Dia juga meminta agar langkah-langkah sistematis, strategis, cepat, tepat, fokus, dan terpadu dilakukan untuk mengendalikan penyebaran pandemi COVID-19.

"Posko Satgas COVID-19 harus dioptimalkan di tingkat kabupaten/kota hingga dusun/lingkungan. Khusus untuk wilayah desa dalam penanganan dan pengendalian pandemi COVID-19 dapat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa secara akuntabel, transparan dan bertanggung jawab," ujar Irman, yang juga Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan COVID-19 Sumut.

Simak video 'PPKM Mikro Diperpanjang hingga 28 Juni, Ini Aturannya':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)