Daftar Elite PDIP Blak-blakan Dukung Puan Maju Pilpres 2024

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 11:23 WIB
Ketua DPR Puan Maharani.
Ketua DPR Puan Maharani (Zhacky/detikcom)

DPC PDIP Kebumen Usulkan Puan Maharani Capres 2024

Di tengah polemik antara Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, DPC PDIP Kebumen secara resmi mengusulkan Puan Maharani menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Keputusan itu hasil Rapat Kerja Cabang (Rakercab) DPC PDIP Kebumen.

"DPC PDIP Kabupaten Kebumen didukung oleh seluruh komponen PAC badan sayap, mengusulkan agar capres 2024 adalah Mbak Puan Maharani," kata Ketua DPC PDIP Kebumen, Saiful Hadi, saat dihubungi detikcom, Minggu (6/6/2021).

Dalam Rakercab DPC PDIP Kebumen pada Sabtu (29/5), menghasilkan beberapa rekomendasi termasuk dukungan Puan Maharani untuk maju sebagai capres 2024. Rapat dihadiri oleh DPC, eksekutif, legislatif, KSB PAC, dan ketua Badan Sayap Partai.

PDIP Purbalingga Dukung Puan Maharani Maju Capres 2024

DPC PDIP Purbalingga secara resmi mendukung Ketua DPP PDIP Puan Marahani sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres tahun 2024. Keputusan tersebut merupakan hasil Rapat Kerja Cabang (Rakercab) DPC PDIP Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

"DPC PDIP Kabupaten Purbalingga beserta segenap jajarannya, mulai Pengurus Anak Cabang (PAC), ranting dan badan sayap resmi mengusulkan Puan Maharani sebagai capres di Pilpres 2024. Itu sikap bulat kami," kata Ketua DPC PDIP Purbalingga Bambang Irawan kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Menurut Bambang, rakercab diikuti oleh jajaran pengurus DPC, anggota Fraksi PDIP DPRD Purbalingga, pengurus PAC, serta ketua badan sayap partai. Selain itu, Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) yang merupakan fungsionaris DPC PDIP Purbalingga juga hadir.

"Ada beberapa keputusan yang diambil dalam rakercab. Salah satunya menyatakan dukungan agar Puan Maharani menjadi capres di Pilpres 2024," jelasnya.

PDIP Banjarnegara Dukung Puan Capres 2024

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) Banjarnegara mengusulkan Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Keputusan ini berdasarkan Rakercab yang diikuti 20 pengurus anak cabang (PAC) di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Berdasarkan hasil Rakercab pada akhir Bulan Mei lalu mengusulkan Puan Maharani untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2024," kata Ketua DPC PDIP Banjarnegara, Nuryanto, saat jumpa pers di kantor DPC PDIP Banjarnegara, Kamis (10/6/2021).

Dalam rakercab tersebut, dihadiri 20 PAC yang ada di Banjarnegara. Selain mengusulkan calon presiden, hasil Rakercab juga mengusulkan bakal calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2024 nanti. Hanya, berdasarkan hasil Rakercab belum mengerucut ke salah satu nama.

"Kami mendengarkan suara 20 PAC PDI Perjuangan yang ada di Banjarnegara. Ini usulan dari bawah bahwa ibu Puan Maharani diusulkan menjadi calon presiden. Sedangkan untuk bakal calon kepala daerah, baik bupati atau gubernur mengusulkan kader terbaik internal partai," jelasnya.


(yld/gbr)