Rumah Mewah di Menteng yang Disegel Pernah Ditindak Pemprov Februari Lalu

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 21:16 WIB
Rumah mewah di Menteng disegel (Dok Pemprov DKI Jakarta)
Foto: Rumah mewah di Menteng disegel (Dok Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Sebuah rumah mewah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, disegel Pemprov DKI Jakarta. Penyegelan dilakukan karena rumah tersebut melanggar izin mendirikan bangunan (IMB).

"Langkah tegas diambil oleh Pemprov DKI Jakarta dengan menyegel kembali bangunan rumah yang termasuk dalam sub zona R5 (rumah besar/mewah) di Jalan Lembang nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, karena kegiatan pelaksanaan bangunan yang melanggar izin mendirikan bangunan," ujar Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, dalam keterangannya, Sabtu (12/6/2021).

Dhany menyebut rumah mewah itu sebelumnya juga pernah disegel karena melanggar IMB pada Februari 2020. Pemilik bangunan melanggar 3 poin, yakni:

- pelanggaran jarak bebas samping kiri, kanan, dan belakang;
- penambahan lantai 3 di bagian belakang;
- penambahan luas basement seluas 328 meter persegi, di mana sesuai izin yang ada, luas basement adalah 198 meter persegi

Langgar Aturan, Hunian Mewah di Jl Lembang Menteng Disegel!Langgar Aturan, Hunian Mewah di Jl Lembang Menteng Disegel! Foto: Langgar Aturan, Hunian Mewah di Jl Lembang Menteng Disegel! (Dok. Istimewa)

Pemilik bangunan kemudian menyanggupi pembongkaran bangunan guna menyesuaikan dengan izin yang ada. Pemilik bangunan mengajukan permohonan pembukaan penyegelan pada Februari 2021.

Kembali Disegel

Sebelum disegel pada bulan Juni ini, rumah mewah tersebut juga pernah ditindak Pemprov DKI pada Februari lalu.

Segel rumah itu pernah dibuka dibuka pada 24 Februari 2021. Namun setelah diawasi ketat, ditemukan bahwa bangunan kembali melanggar ketentuan IMB. Area basemen dibangun seluas 324,75 meter persegi.

"Setelah penyegelan dibuka, tetap dilakukan pengawasan dan pemantauan atas pembangunan tersebut, dan ditemukan kembali pelanggaran ketentuan yang berlaku. Tepatnya, pada area basement. Sehingga, kami memutuskan untuk menyegel kembali," kata Dhany.

Sebagaimana diketahui, pelanggaran ini berasal dari laporan warga. Pemkot Jakpus langsung bergerak menindaklanjuti aduan.

"Kita ke lokasi untuk penyegelan," ucap Dhany saat dihubungi, Jumat (11/6).

Pantauan detikcom di lokasi, hunian mewah di Menteng itu tertutup seng konstruksi. Tulisan segel warna merah terpasang di depan hunian tersebut.

(isa/jbr)