Round-Up

Kisah Mega Protes Jokowi Gegara Presiden Kelima Ditugasi Urus Pancasila

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 20:33 WIB
Dapat Gelar Profesor Kehormatan, Megawati Punya Momen Makan yang Seru
Foto: Megawati Soekarnoputri
Jakarta -

Pada saat Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan di Universitas Universitas Pertahanan (Unhan) dia sempat membagikan cerita di balik pengangkatannya sebagai Ketua Dewan Pengarah UKP Pembinaan Ideologi Pancasila. Megawati mengaku saat itu sempat protes ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Megawati mengatakan saat itu dia sedang berada di luar negeri. Tiba-tiba dia di telepon oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung yang mengabarkan kalau Jokowi akan melantik Mega sebagai Ketua UKP itu.

"Jadi saya tanya kepada Pak Pram (Pramono Anung), 'UKP itu apa Pram?', UKP itu unit kerja Presiden, terus saya tanya 'untuk opo (apa)? (Dijawab Pramono) 'pembinaan ideologi pancasila', langsung saya bilang 'kenapa Presiden pilih saya?' Ya maunya beliau, Ibu segera pulang," cerita Megawati sambil menirukan dialog antara dia dengan Pramono kala itu.

Megawati mengaku saat itu sudah sempat protes kepada Pramono terkait jabatan Ketua UKP ini. Namun, Pramono tidak bisa menjelaskan lagi, Pramono hanya mengikuti arahan Jokowi.

"Lho Pram kamu tau tidak ya, unit kerja itu kan kecil banget, mungkin kalau eselon, 3 ke bawah. Apa itu nanti kalau Presiden selesai nggak bubar?. Dibilang (Pramono) udah ibu segera aja ketemu beliau, saya terlalu pikir, aduh tapi kok di situ ada ideologi pancasila ya, jadi saya bilang 'sana bilang sama Presiden iya deh saya mau dilantik'," ungkapnya.

Singkat cerita, ketika Megawati dilantik langsung oleh Jokowi. Di situ Megawati langsung menyampaikan protes, dia protes mengapa Jokowi tega memberikan dia jabatan itu.

"Ketika bertemu dengan presidennya langsung saya bilang 'Pak kok Bapak tega banget, kok penugasan saya melorot banget ya? Bukankah saya Presiden ke-5? Kok sekarang menjadi Ketua Dewan Pengarah UKP, bapak tahu unit itu letaknya di mana ya di struktur?'," tutur Megawati.

Setelah diprotes oleh Mega, Jokowi disebut tertawa. Mega pun menyebut Jokowi 'tega' saat itu.

"Beliau (Jokowi) terpingkal-pingkal 'iya ya bu', lah iya kok Bapak bisa ya tega," ucap Megawati sambil diiringi riuh tertawa peserta di acara itu.

Momen Pelantikan Megawati Jadi Ketua UKP

Jokowi melantik Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah UKP Pembinaan Ideologi Pancasila pada 7 Juni 2017. Selain Mega, Jokowi juga melantik 8 orang lainnya.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/6/2017). Saat pelantikan, Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Adapun pengarah UKPPIP yang dilantik saat itu adalah Megawati Soekarnoputri, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, KH Ma'ruf Amin, mantan Ketua MK Mahfud MD, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Syafii Maarif, KH Said Aqil Siroj, Prof Dr Andreas Anangguru Yewangoe, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, dan Sudhamek.

(zap/isa)