Sholat Sunnah Qabliyah: Pengertian, Pelaksanaan, dan Dalilnya

Rahma Indina Harbani - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 21:27 WIB
Sejumlah warga menunaikan shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/1/2021). Usai diresmikan Kamis (7/1) oleh Presiden Joko Widodo.
Foto: Rifkianto Nugroho/Sholat Sunnah Qabliyah: Pengertian, Pelaksanaan, dan Dalilnya
Jakarta -

Sholat sunnah qabliyah adalah sholat sunnah rawatib yang dilakukan sebelum sholat fardhu. Hukum ibadah ini adalah sunnah dan ghairu muakad bergantung pada momen pelaksanaannya.

Rasulullah SAW dalam haditsnya menjelaskan soal sholat sunnah qabliyah,

بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلاَةٌ، بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلاَةٌ (ثُمَّ قَالَ فِي الْشَّالِِشَةِ:) لِمِنْ شَاءَ

Artinya: "Antara dua adzan (adzan dan ikamah) terdapat satu sholat (sunnah). Antara dua adzan (azan dan ikamah) terdapat satu sholat (sunnah). Antara dua (azan dan ikamah) tedapat satu sholat (sunnah)." Beliau mengulanginya sebanyak tiga kali. "Bagi yang mau mengerjakannya," lanjut beliau. (HR. Bukhari dan Muslim).

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan sujud minimal 24 kali sehari. Jumlah tersebut bisa dicapai dengan melaksanakan sholat lima waktu plus sholat sunnah qabliyah. Berikut haditsnya,

مَنْ صَلَّى فِي يَوْمٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً سِوَى الْفَرِيضَةِ بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

Artinya: "Barangsiapa yang melakukan sholat 12 rakaat sehari semalam selain sholat fardhu, akan dibangunkan rumah di surga," (HR. Muslim, Abu Daud, dan At Tirmidzi).

Sunnah muakad mengindikasikan sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Sholat sunnah qabliyah dengan hukum sunnah muakad adalah:

  • Dua rakaat sebelum sholat subuh
  • Dua rakaat sebelum sholat dzuhur.

Sedangkan ghairu muakkad menandakan derajat yang tidak sekuat sunnah muakad. Sholat sunnah qabliyah dengan hukum ghairu muakad adalah:

  • Dua rakaat sebelum sholat dzuhur

Bagi yang mengerjakan sholat qabliyah sebanyak empat rakaat, dua rakat pertama menjadi sunnah muakad dan dua rakaat setelahnya adalah ghairu muakkad.

  • Empat rakaat sebelum sholat ashar
  • Dua rakaat sebelum sholat maghrib
  • Dua rakaat sebelum sholat isya.

Pelaksanaan sholat sunnah qabliyah sama dengan sholat yang biasa dilakukan setiap hari. Jika ingin melakukan sholat sunnah ini sebaiknya sholat wajib dilaksanakan di awal waktu.

Itulah penjelasan singkat mengenai sholat sunnah yang dilakukan sebelum sholat fardhu atau sholat sunnah qabliyah. Jangan lupa sholat sunnah qabliyah ya, sahabat hikmah!

(row/row)