Hadiri Penganugerahan Profesor di Unhan, RK Terpukau Orasi Ilmiah Megawati

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 19:08 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto Ridwan Kamil: Pemprov Jabar
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menjadi salah seorang pejabat yang diundang dalam acara penganugerahan gelar profesor kehormatan di Universitas Pertahanan (Unhan), Bogor, Jawa Barat. RK terpukau mendengar orasi ilmiah Megawati.

Momen hadir di acara penganugerahan profesor kehormatan kepada Megawati itu dibagikan sendiri oleh RK sendiri melalui akun Instagram pribadinya, @ridwankamil, seperti dilihat detikcom, Jumat (11/6/2021).

"Memenuhi undangan pengukuhan Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai Guru Besar tidak tetap di Universitas Pertahanan, di kampus Sentul Bogor," tulis RK.

RK menilai orasi ilmiah Megawati mencerahkan. Dia menyebut nasihat terbaik adalah pengalaman.

"Orasi ilmiah tentang Kepemimpinan Stratejik dalam masa krisis," kata RK.

"Penuh dengan nasihat yang mencerahkan. Karena memang nasihat terbaik adalah yang datang dari pengalaman hidup yang multi dimensi," imbuhnya.

RK mengaku akan merangkum nasihat-nasihat Megawati tersebut. Mantan Wali Kota Bandung itu menilai nasihat Megawati bisa menjadi bekal untuk generasi muda Indonesia.

"Dalam waktu dekat, saya akan coba tulis dan sarikan apa-apa nasihat Ibu Mega tersebut dalam kesempatan lain, untuk jadi bekal generasi baru dalam memaknai kedaulatan bangsa Indonesia tercinta ini," sebutnya.

Momen Pengukuhan Megawati

Seperti diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menyandang gelar profesor kehormatan. Megawati menyandang gelar profesor bidang ilmu kepemimpinan strategi.

Penganugerahan gelar profesor kehormatan untuk Megawati berdasarkan surat keputusan Mendikbud-Ristek RI Nomor 33231/mpk.a/kp.05.00/2021 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Akademik Dosen Tidak Tetap yang memutuskan dan menetapkan dosen tidak tetap nama Megawati Soekarnoputri. Pengukuhan ini ditayangkan di akun YouTube Universitas Pertahanan Official, Jumat (11/6/2021).

"Terhitung mulai 1 Juni 2021 diangkat dalam jabatan profesor dalam ilmu kepemimpinan strategi," kata Sekretaris Senat Akademik Unhan membacakan surat keputusan Mendikbud Nadiem Makarim.

Megawati kemudian diminta berdiri di depan podium untuk dikukuhkan dalam jabatan profesor kehormatan. Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Prof Amarulla Octavian kemudian mengalungkan toga dan memberikan map warna merah.

(zak/zap)