Megawati Cerita Minta Ahli Sejarah Cek Kebenaran RI Dijajah 350 Tahun

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 17:41 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menyandang gelar profesor kehormatan. Megawati menyandang gelar profesor bidang ilmu kepemimpinan strategi.
Megawati (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki)
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mempertanyakan soal sejarah yang menyebut Indonesia dijajah selama 350 tahun. Megawati mengaku kerap meminta sejarawan mengecek kembali lama Indonesia dijajah.

"Saya sering bertemu dengan para ahli sejarah, saya sampai bilang begini 'Tolong dong diperiksa kembali, apakah benar kita ini dijajah 350 tahun?'" kata Megawati saat orasi ilmiah pengukuhan gelar profesor kehormatan, Jumat (11/6/2021).

Megawati heran mengapa Indonesia disebut dijajah selama ratusan tahun. Jika dianalogikan, sudah berlapis-lapis generasi di Indonesia yang dijajah bila ratusan tahun.

"Kok orang yang dijajahnya seneng banget ya. 350 tahun, saya bilang, kalau seorang ibu melahirkan, itu sudah melahirkan berapa puluh kali," ujarnya.

Masa perjuangan sebelum kemerdekaan, masyarakat Indonesia menurut Megawati cukup sporadis memberontak penjajah. Oleh sebab itu, menurut Mega, perlu ada kajian ulang soal lama penjajahan di Indonesia.

"Apakah itu tidak termasuk atau hanya dihitung tidak runtun, tahun ini umpamanya Pangeran Diponegoro 1825-1830, begitu apa ya, saya kurang tahu ya waktu itu bagaimana sampai kesimpulan kita ini jadi bangsa terjajah 350 tahun," imbuhnya.

Tonton juga Video: Megawati Curhat Kerap Dicap Komunis

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/gbr)