Hampir 10 Ribu Orang Daftar Komcad Kemenhan di Pulau Jawa

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 13:54 WIB
Dahnil Anzar Simanjuntak
Jubir Kemenhan, Dahnil Simanjuntak (Foto: Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) telah menutup pendaftaran komponen cadangan (Komcad) di Pulau Jawa. Penutupan pendaftaran itu dilakukan pada 7 Juni lalu.

Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan hampir 10 ribu orang mendaftar menjadi Komcad. Menurutnya, hal itu menunjukkan semangat anak muda dalam berkontribusi terhadap negara.

"Sampai ditutup pendaftaran Komponen Cadangan di Pulau Jawa, pada tanggal 7 Juni yang lalu, jumlah pendaftar sangat antusias, sampai ditutup jumlah pendaftar baik online maupun offline mendekati 10 ribu orang. Antusiasme ini menunjukkan semangat anak bangsa untuk berkontribusi terhadap pertahanan negara," ujar Dahnil dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/6/2021).

Dahnil menerangkan para peserta nantinya akan masuk dalam tahap seleksi kompetensi. Proses seleksi itu akan berlangsung dari 7 Juni-17 Juni 2021.

"Setelah proses pendaftaran, seluruh pendaftar akan melalui tahapan seleksi kompetensi, dan tentu dengan protokol kesehatan yang ketat, di Rindam-Rindam yang ada di pulau Jawa, mulai tanggal 7 Juni sampai dengan 17 Juni, yang terpilih, masuk tahap Latsarmil (Pelatihan Dasar Militer) selama 3 bulan, sebanyak 2500 orang mulai 21 Juni sampai dengan 21 September," katanya.

"Dan setelah itu akan ditetapkan sebagai anggota Komcad guna memperkuat kekuatan dan kemampuan TNI kita untuk pertahanan negara," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2