Round-Up

Terungkap Utang Biaya Hotel Miliaran BNPB ke Hotel di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 06:05 WIB
Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kota Bekasi Siapkan The Green Hotel Untuk Isolasi Pasien COVID-19. Saat ini persiapan mulai dilakukan.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menghentikan sementara pembiayaan hotel untuk isolasi mandiri orang tanpa gejala (OTG) virus Corona (COVID-19), dan tenaga kesehatan. Namun, BNPB menyisakan hutan miliaran rupiah kepada pihak-pihak hotel tersebut.

Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan secara bertahap anggaran untuk pembiayaan isolasi mandiri di hotel akan diserahkan ke pemerintah daerah. BNPB hanya akan membantu pembiayaan tempat isolasi mandiri di hotel yang hingga 15 Juni 2021.

"Melalui kesepakatan kementerian/lembaga terkait dan jajaran pemerintah daerah pembiayaan isolasi mandiri yang awalnya tersentral oleh pemerintah pusat akan secara bertahap dilakukan terdesentralisasi kepada pemerintah daerah," kata Wiku, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Rabu (9/6/2021).

Pemerintah daerah dinilai dapat menyesuaikan kebutuhan isolasi mandiri. "Hal ini menimbang upaya penanganan COVID-19 terbaik sesuai dengan tantangan yang khas dari setiap daerah dan diharapkan dapat disesuaikan secara lebih efektif," katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkap pemerintah pusat akan membantu pemerintah daerah jika mengalami hambatan dalam penyediaan ruang isolasi pasien COVID-19.

"Pemerintah pusat akan siap membantu pelaksanaannya sehingga dimohon bagi pemerintah daerah yang mengalami kendala khususnya pengadaan fasilitas isolasi maupun karantina mandiri bisa memanfaatkan forum komunikasi dengan pemerintah pusat untuk dapat dicari jalan keluarnya secara bersama-sama," ujarnya.

Lihat juga video 'Momen Erick Thohir Ungkap Utang PLN Rp 500 Triliun!':

[Gambas:Video 20detik]