detikcom Do Your Magic

Jembatan Kota Paris Jadi Taman, Lurah Minta Bantuan Aparat Cegah Tawuran

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 12:25 WIB
Jembatan Kota Paris, Johar Baru, 10 Juni 2021. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jembatan Kota Paris, Johar Baru, 10 Juni 2021. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Tawuran kerap terjadi di Johar Baru, Jakarta Pusat. Jembatan Kota Paris sering digunakan sebagai akses tawuran. Kini jembatan itu sudah diubah menjadi taman. Lalu bagaimana dengan masalah tawurannya?

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakpus akan mengantisipasi terjadinya aksi tawuran dengan mengerahkan tiga pilar dari kecamatan untuk melakukan penjagaan.

"Kita sama-sama mencegah tentunya, dari pihak Kecamatan (Johar Baru) nantinya akan ikut melakukan penjagaan, termasuk Danramil (TNI), Polsek, dan Satpol PP," kata Lurah Tanah Tinggi, Imran, saat melakukan peninjauan taman di sekitar Jembatan Kota Paris, Jl Rawa Sawah II, Johar Baru, Jakpus, Kamis (10/6/2021).

Taman di sebelah Jembatan Kota Paris sedang dibangun. 10 Juni 2021. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)Taman di sebelah Jembatan Kota Paris sedang dibangun. 10 Juni 2021. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Lebih lanjut, Imran menjelaskan, untuk mencegah aksi tawuran terjadi, pihaknya bersama 3 pilar dari kecamatan akan berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat.

"Ya kita koordinasi juga sama pihak keamanan kampung yang ada di sini," ujar Imran.

Jembatan Kota Paris, Johar Baru, 10 Juni 2021. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)Jembatan Kota Paris, Johar Baru, 10 Juni 2021. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, Ketua RT 01 RW 06, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, Maman Hermana bercerita sempat ada tawuran di Johar Baru, Jakarta Pusat, tak jauh dari Jembatan Kota Paris saat pertengahan Ramadhan 2021 kemarin. Namun, tawuran itu hanya berlangsung sebentar dan disebut tidak sampai terjadi bentrokan parah.

"Aman, alhamdulillah. Pas malam takbiran tidak ada, pertengahan puasa, pas malam Jumat kalau nggak salah," ujar RT 01 RW 06, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, Maman Hermana saat ditemui detikcom Do Your Magic di lokasi, 19 Mei lalu.

Maman bercerita tawuran itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB dan disebut terjadi kurang dari setengah jam. Padahal di area tersebut tampak sebuah pos pengamanan tawuran dari warga. Namun pelaku tawuran mencuri kesempatan saat penjagaan lengah.

(dnu/dnu)