Jadi Korlap Penjarahan-Rusak Rumah, Pria di Riau Ditangkap

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 19:24 WIB
Ilustrasi tangan diborgol
Ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Kampar -

Polisi menangkap seorang pria berinisial HS di Kampar, Riau. Pria ini ditangkap lantaran menjadi koordinator lapangan atau korlap saat penjarahan dan merusak rumah karyawan perusahaan hingga menjadi buron.

Kasat Reskrim Polres Kampar AKP Berry Juana membenarkan penangkapan itu. HS ditangkap jajarannya pada Sabtu (5/7) setelah jadi buron sejak Oktober 2020.

"Benar, pelaku sudah kita amankan Sabtu lalu," tegas Berry kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Menurut Berry, HS merupakan orang yang mengumpulkan massa, membayar, serta mengkoordinasi semua dalam aksi pada 15 Oktober 2020. Aksi dilakukan di rumah karyawan PT Langgam Harmuni di Siak Hulu, Kampar.

"Ya bisa dibilang dia adalah ketua korlap. Kita juga lagi kumpulkan bukti tambahan untuk menangkap aktor intelektualnya," kata Berry.

Setelah penangkapan HS ini, tercatat ada dua pelaku ditangkap. Sebelumnya petugas telah mengamankan MV, yang juga terlibat sebagai korlap dalam aksi tersebut.

Kuasa hukum PT Langgam Harmuni, Patar Pangasian, menyampaikan apresiasi atas kinerja polisi. Namun karyawan yang jadi korban disebut masih trauma berat akibat penjarahan, perusakan, dan pengusiran kala itu.

"Kita yakin kepolisian dapat mengungkap dan menangkap pelaku utama sehingga kasus ini tak berlarut-larut. Ada 210 orang karyawan yang menjadi korban dalam aksi yang dilakukan ratusan orang itu," katanya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2