Harimau Sumatera Jantan di Riau Belajar Berburu Terekam Kamera

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 16:04 WIB
Siak -

Seekor harimau Sumatera dilaporkan masuk kawasan perusahaan perkebunan di Siak, Riau. Dalam video beredar terlihat harimau berjalan mengendap-endap saat memburu mangsanya.

Kepala Balai BKSDA Riau Suharyono saat dimintai konfirmasi membenarkan video yang beredar. Ia memastikan harimau masuk ke daerah permukiman terjadi pada Maret lalu dan videonya diterima pada awal April.

"Video itu dikirim ke kami pada 5 April lalu oleh manajemen perusahaan perkebunan PT Triomas. Lokasi Kampung Teluk Lanus, Sungai Apit, Siak," kata Suharyono kepada detikcom, Rabu (9/6/2021).

Menurut Suharyono, video itu diambil oleh karyawan kebun yang ada di mes pekerja. Terlihat harimau sempat berlari, kemudian mengendap-endap saat berburu mangsa.

Terlihat ada sesuatu di mulut harimau tersebut. Harimau lalu menjauh ke arah hutan setelah menangkap mangsanya.

Seekor harimau Sumatera dilaporkan masuk kawasan perusahaan perkebunan di Siak, Riau (dok istimewa)Seekor harimau Sumatera dilaporkan masuk kawasan perusahaan perkebunan di Siak, Riau (dok istimewa)

Satu video lainnya, predator tersebut terlihat disorot sejumlah lampu saat malam hari. Harimau itu lalu beranjak pergi.

"Hasil pengecekan lokasi, diketahui bahwa individu harimau remaja diperkirakan jenis kelamin jantan. Aktivitas harimau remaja ini adalah aktivitas sedang belajar berburu mangsa. Ada dua video kami terima di siang dan malam hari," katanya.

Lokasinya diakui masuk dalam lanskap Semenanjung Kampar. Wilayah tersebut merupakan habitat harimau Sumatera di Provinsi Riau.

"Upaya tindak lanjut sudah kami lakukan komunikasi dan bimbingan teknis terhadap pihak perusahaan. Terkait penanganan harimau dan keamanan pekerja kebun sampai saat ini tidak dijumpai lagi kejadian harimau," katanya.

Untuk pencegahan, di lokasi kejadian pihak perusahaan berkomitmen memantau pakai camera trap. Pemantauan dilakukan agar situasi di lokasi kondusif.



(ras/jbr)