BNPB Setop Sementara Pembiayaan Hotel, DKI Siapkan Alternatif Lokasi Isoman

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 01:36 WIB
Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Foto: Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Satgas COVID-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberhentikan sementara pembiayaan tempat isolasi mandiri di hotel-hotel di Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya telah menyiapkan lokasi alternatif warga menjalani isolasi mandiri.

"Kami juga sudah mencarikan alternatif tempat-tempat yang menjadi milik Pemprov untuk kemudian dapat digunakan sebagai tempat isolasi mandiri, isolasi terkendali bagi masyarakat," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa malam (8/6/2021).

Riza mengatakan lokasi alternatif ini memanfaatkan berbagai fasilitas milik Pemprov DKI, mulai dari gedung, gelanggang olahraga (GOR) hingga penginapan. Dia juga menjamin nantinya penerapan protokol kesehatan (COVID-19) akan diperketat.

"Tempat yang sudah dipersiapkan itu kan wisma-wisma yang ada di Jakarta. Tempat itu sudah memenuhi syarat dan layak," ujarnya.

Polikus Gerindra itu mengatakan pihaknya memaklumi keputusan Satgas COVID-19 yang memberhentikan pembiayaan. Kini, Satgas COVID-19 tengah mempersiapkan teknis perpindahan pasien COVID-19 dari hotel menuju lokasi alternatif yang telah ditetapkan.

"Saya kira sudah ada Satgas COVID-19 yang mengatur masalah teknis," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Pembiayaan tempat isolasi hotel di Jakarta diberhentikan sementara. Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Dody Ruswandi mengatakan anggaran tempat isolasi mandiri akan ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Sementara iya, karena anggaran kita sudah habis. Tapi nanti kalau memang memuncak lagi, anggaran kita sudah turun, Pemda DKI bisa minta lagi," kata Dody saat dihubungi, Selasa (8/6/2021).

Dody mengatakan sementara ini BNPB hanya akan mengcover pembiayaan tempat isolasi di hotel Jakarta hingga 15 Juni 2021. Namun demikian, Pemprov DKI bisa kembali mengajukan pembiayaan apabila kasus COVID-19 di Ibu Kota meningkat.

Simak juga 'Lawan Covid-19, Kepala BNPB Ganip Warsito Lanjutkan Jurus Doni Monardo':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)