Round-Up

Sewaktu Pesawat Militer Jumbo Paman Sam Bikin Heboh Pekanbaru

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 22:54 WIB
Pesawat angkut militer milik Amerika Serikat (AS), C-17 Globe Master mendarat di Pekanbaru, Riau (Instagram @sgnatr_)
Pesawat angkut militer milik Amerika Serikat (AS), C-17 Globe Master mendarat di Pekanbaru, Riau (Instagram @sgnatr_)
Jakarta -

Heboh! Pesawat militer Amerika Serikat melayang-layang memasuki dirgantara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)! Pekanbaru menjadi tempat mendarat kapal terbang bongsor itu! Tenang saja, begini ceritanya.

Pesawat milik militer AS itu adalah C-17 Globemaster III. Pesawat itu mendarat di Landasan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau. Di dalamnya, ada puluhan personel dan perlengkapan latihan. Media sosial sempat ramai.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Zukri, menjelaskan pesawat itu mendarat di Indonesia untuk latihan bareng TNI AU.

"Untuk pesawat C17 ini mendarat dalam rangka mendukung latihan bersama TNI AU dengan AS, USAF (United States Air Force). Latihan mulai 14-24 Juni 2021," kata Letkol Zukri kepada detikcom, Selasa (8/6/2021).

Nama latihan bersama antara TNI AU dan Angkatan Udara AS adalah Exercise Cope West 2021. Jadi, mereka bukan mengajak ribut atau masuk tanpa ketuk pintu. Di dalam pesawat, selain tentara Angkatan Udara AS, ada kru, teknisi, hingga alat-alat yang diperlukan untuk latihan bersama.

Datang lebih cepat, jet Tempur menyusul

Letkol Zukri mengatakan sejumlah personel Angkatan Udara AS itu tiba lebih cepat dari waktu acara karena akan mengikuti protokol kesehatan berupa isolasi. Sebenarnya, ini latihan rutin namun belakangan sempat tertunda gara-gara pandemi COVID-19.

Latihan bersama ini, kata Zukri, khusus untuk pesawat tempur F-16. Namun untuk pesawat tempur baru akan tiba di Bumi Lancang Kuning pada 11 Juni mendatang.

"Saat ini baru C-17 saja, tanggal 11 nanti pesawat tempur Amerika dan Skadron III Iswahyudi, Madiun, baru sampai untuk pembukaan tanggal 14 (Juni)," katanya.

Selain pesawat C-17, terdata sudah ada 80 personel tentara AS tiba di Pekanbaru. Tak terkecuali personel TNI dari Mabes TNI AU.

"Personel dari AS sudah ada 80 orang dan dari Mabes AU ada juga. Untuk jumlah pesawat tempur belum tahu berapa karena nanti disampaikan saat pembukaan," kata Zukri.

Pesawat militer AS C-17 Globe Master mendarat di Pekanbaru dalam rangka latihan bersama TNI AU bertajuk Exercise Cope West 2021 (Dok Kapentak Lanud RSN)Pesawat militer AS C-17 Globe Master mendarat di Pekanbaru dalam rangka latihan bersama TNI AU bertajuk Exercise Cope West 2021 (Dok Kapentak Lanud RSN)

Khusus penerbang, dipastikan baru tiba di Riau 3 hari menjelang pembukaan. Penerbang datang dengan pesawat tempur yang akan digunakan saat latihan bersama.

Selanjutnya, terkait konflik Laut China Selatan?

Selanjutnya
Halaman
1 2