TNI AU: Pesawat Militer AS Mendarat di Riau Tak Terkait Situasi LCS

Raja Adil Siregar, Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 12:55 WIB
Pesawat angkut militer milik Amerika Serikat (AS), C-17 Globe Master mendarat di Pekanbaru, Riau (Instagram @sgnatr_)
Pesawat angkut militer milik Amerika Serikat (AS), C-17 Globemaster mendarat di Pekanbaru, Riau (Instagram @sgnatr_)
Pekanbaru -

Pesawat militer Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) C-17 Globemaster III mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau. Militer AS itu datang ke RI untuk mengikuti latihan gabungan bersama TNI AU.

"Betul, latihan bersama TNI AU, akan digelar 14-25 Juni. 14 (Juni) nanti pembukaannya. Nama latihannya Exercise Cope West 2021," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri, saat dihubungi detikcom, Selasa (8/6/2021).

Dia mengatakan latihan gabungan AURI dengan AU Amerika Serikat ini rutin digelar. Namun, akibat situasi pandemi COVID-19, latihan ini baru kembali digelar.

Letkol Zukri mengatakan latihan sebelumnya kerap digelar di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), dan kadang juga digelar di AS.

"Ini latihan rutin tiap tahun, Air Maneuver Join Exercise. Latihan Cope West ini khusus mengoperasikan F-16," ujar dia.

Dalam pesawat jumbo C-17 Globemaster tersebut diangkut ground crew, teknisi, peralatan, dan sekitar 80 personel yang akan terlibat dalam latihan.

Sementara itu, pesawat tempur baru dan pilot dari AS akan tiba di Bumi Lancang Kuning pada 11 Juni mendatang. Latihan ini juga diikuti Lanud Iswahyudi Madiun.

Latihan ini, tambahnya, digelar untuk meningkatkan kerja sama antarmiliter dan hubungan bilateral kedua negara. Dia mengatakan latihan tersebut tidak terkait dengan situasi panas di Laut China Selatan (LCS) atau Laut Natuna Utara.

"Tidak ada kaitan dengan LCS. Ini sudah lama direncanakan, sempat tertunda karena berkaitan dengan situasi COVID. Sebelum COVID sudah dilakukan pertemuan awal untuk membicarakan latihan," kata dia.

Momen kedatangan pesawat militer jumbo ini beredar di media sosial (medsos). Tampak pesawat tersebut dalam posisi mendarat di bandara. Dalam momen tersebut tampak gambar video ikut bergetar saat pesawat tersebut melintas.

(jbr/idh)