Terungkap! Ini Makhluk Misterius Bikin Gempar Warga Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 16:14 WIB
Padang -

Terungkap sudah makhluk misterius yang membuat heboh masyarakat sejumlah daerah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Sosok tersebut dipastikan setelah Balai konservasi dan Sumbar Daya Alam (BKSDA) Agam melihat hasil pemantauan kamera perangkap (camera trap).

"Baru saja kita membuka dan membongkar rekaman camera trap yang sebelumnya dipasang. Jadi sudah dipastikan bahwa makhluk yang membuat heboh itu adalah satwa beruang madu," kata Kepala BKSDA Agam, Ade Putra, kepada detikcom, Selasa (8/6/2021).

Menurut Ade, hewan bernama latin Helarctos mayalanus itu terekam melintas di Jorong Pasa Palembayan, Nagari Ampek Koto. Jorong Pasa Palembayan merupakan satu dari tiga lokasi pemasangan camera trap. Dua lainnya dipasang di daerah Lakuak Jorong Palembayan Tangah.

"Berdasarkan hasil rekaman berupa video dan foto, satwa (itu) adalah berupa beruang madu," kata Ade.

Terungkap sudah makhluk misterius yang membuat heboh masyarakat sejumlah daerah di Kabupaten Agam usai BKSDA memantau camera trap (dok BKSDA Agam)Berdasarkan hasil rekaman berupa video dan foto, makhluk misterius tersebut adalah beruang madu. (Dok. BKSDA Agam)

Sebelumnya, sejumlah warga mengaku melihat makhluk misterius melintas di kawasan permukiman warga. Kemunculan makhluk misterius itu langsung membuat resah. Wali Jorong Palembayan Tangah, Khairul Amri menyebut, keresahan terjadi di daerah Lakuak, Balai Kamih, Kampung Lurah, dan Gantiang.

Menurut Khairul, warga resah setelah salah seorang warga bernama Darwis melihat makhluk itu, Berdasarkan keterangan Darwis, makhluk misterius itu berwarna hitam dan berbau busuk.

"Darwis melihat makhluk itu berwarna hitam dan berbau busuk saat pulang dari warung," katanya.

Ada pula warga yang mengaku telah dua kali melihat makhluk misterius itu. Warga bernama Syofian menyebut makhluk berukuran tinggi sekitar 1,65 meter dan cepat menghilang dalam gelap. Ada pula warga yang menyebut tak ada jari pada jejak kaki makhluk itu.

BKSDA Siapkan Perangkap

BKSDA menyiapkan perangkap untuk mengevakuasi makhluk misterius yang membuat heboh warga di Kabupaten Agam, Sumbar. Langkah ini disiapkan setelah diketahui makhluk misterius tersebut ialah seekor beruang madu.

BKSDA membongkar camera trap (dok BKSDA Agam)BKSDA membongkar camera trap (dok BKSDA Agam)

"Segera kita pasang perangkapnya, karena kita sudah tahu identitas makhluk tersebut," kata Ade Putra.

Selasa sore, BKSDA membongkar camera trap yang dipasang sebelumnya. Dalam rekaman berisi video dan foto terlihat jenis makhluk tersebut.

"Selanjutnya kita akan melakukan upaya evakuasi satwa beruang madu ini dengan menggunakan perangkap yang akan kita pasang dalam beberapa hari ke depan," tambah dia.

Beruang madu (Helarctos malayanus) termasuk familia ursidae dan merupakan jenis paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada di dunia.

Beruang madu telah dikategorikan sebagai binatang yang mudah di serang dan terancam kelangsungan hidupnya. Beruang ini telah terdaftar dalam Appendix I of the Convention on International Trade in Endangered Species (CITES) sejak tahun 1979 yang menyatakan bahwa mereka tidak boleh diburu oleh siapapun.

(jbr/jbr)