detikcom Do Your Magic

Jalan Depan Halte TransJ Kuningan Timur Ditambal, Penumpang Nyaman

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 11:48 WIB
Permukaan jalan yang rusak dan berlubang depan Halte Transjakarta di Kuningan Timur kini sudah ditambal, 7 Juni 2021. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Permukaan jalan yang rusak dan berlubang depan Halte Transjakarta di Kuningan Timur kini sudah ditambal, 7 Juni 2021. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)

Kritik tambalan tak rapi

Ditemui selanjutnya, Tunggul (50) menyebut aspal yang ditambal di busway Halte Kuningan Timur, masih belum rapi. Meski demikian, kata Tunggul, kondisi jalan sudah lebih baik.

"Ya jelek, aspal ditambal, harusnya dirapiin, ya tapi lebih baik," tuturnya.

Tunggul meminta Pemprov DKI untuk merapikan dan menata jalan di pemberhentian busway Kuningan Timur ini menjadi lebih bagus. Hal itu dilakukan, lanjut Tunggul, agar masyarakat pengguna jasa Transjakarta dapat lebih nyaman berada di dalam bus.

"Harus dibagusin tapi, lumayan (nyaman), sedikit," ujarnya.

Permukaan jalan yang rusak dan berlubang depan Halte Transjakarta di Kuningan Timur kini sudah ditambal, 7 Juni 2021. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)Permukaan jalan yang rusak dan berlubang depan Halte Transjakarta di Kuningan Timur kini sudah ditambal, 7 Juni 2021. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)

Sedangkan menurut penumpang Transjakarta, Andi (30), aspal yang ditambal itu bersifat sementara. Andi meminta Pemprov DKI melakukan langkah perbaikan yang bersifat permanen agar jalan tak mudah hancur saat diguyur hujan.

"Nggak merata nggak mulus, ya harusnya merata, tambalan itu hanya sementara, kena hujan juga dia kebuka lagi, nggak lama kena hujan sudah hujan lagi karena kan nggak maksimal pengerjaannya," ungkapnya.

Penumpang bus Transjakarta yang merasakan perbaikan aspal depan Halte Kuningan Timur. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)Andi (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)

Pantauan detikcom di Halte Kuningan Timur, Jl HR Rasuna Said arah Menteng, pukul 09.25 WIB, permukaan jalan nampak dilapisi aspal hitam. Panjang jalan yang dilapisi aspal hitam sekitar 50 cm.

Tidak ada lagi lubang yang berisi bebatuan. Namun, masih ada batu-batu kecil yang berserakan dekat tambalan aspal.

Bus Transjakarta yang beroperasi di halte tersebut nampak melenggang mulus. Tak nampak lagi badan bus bergoyang ke kanan saat menyentuh aspal tersebut.

Ada dua koridor yang operasi di halte tersebut, yaitu koridor 6 rute Ragunan-Dukuh Atas 2 dan 6A rute Ragunan-Monas melewati Halte Kuningan Timur ini.

Meski jalan sudah ditambal aspal hitam, cat merah penanda busway masih memudar. Kondisi ini. Jalan ini berseberangan dengan Kantor Kedutaan Besar Belanda. Arus lalu lintas di lokasi yang menuju ke arah Monas terpantau ramai lancar.


(whn/dnu)