14 Rekomendasi KPAI Jelang Sekolah Tatap Muka Terbatas Dibuka Juli

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 18:44 WIB
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) berencana membuka pembelajaran tatap muka secara terbatas pada bulan Juli 2021 mendatang. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan pun memberikan sejumlah rekomendasi.

Pemerintah telah mengeluarkan panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri yang diluncurkan pada Maret 2021. Pada 2 Juni 2021, Kemendikbud-Ristek, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama juga telah meluncurkan panduan penyelenggaraan pembelajaran untuk Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah (PAUDDIKDASMEN).

"Kesehatan dan keselamatan anak tetap menjadi prioritas utama dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM)," kata Komisioner KPAI, Retno Listyarti, dalam diskusi zoom meeting bertajuk 'Pembelajaran Tatap Muka', Minggu (6/6/2021).

Retno menyebut menjelang PTM terbatas banyak orang tua khawatir bahwa PTM di masa pandemi tidak aman bagi anak. Tapi, ada juga orang tua yang mendesak agar sekolah segera dibuka.

"KPAI sangat konsen dengan kebijakan PTM ini, sehingga sejak 2020 sampai Juni 2021 KPAI terus melakukan pemantauan penyiapan PTM dan ujicoba PTM di sejumlah daerah di Indonesia," ucapnya.

Hasil Pengawasan PTM Tahun 2020 dan 2021

Retno membeberkan hasil pengawasan sejumlah sekolah dalam kegiatan PTM sejak tahun 2020. Menurutnya, KPAI melakukan pengawasan persiapan PTM di 49 sekolah pada 21 kabupaten/kota di 9 Provinsi.

Adapun 9 provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Daerah Istimewa Yogjakarta, Bengkulu, dan NTB. Hasil pengawasan tahun 2020 menunjukkan ketidaksiapan sekolah sebanyak 83,3%, dan hanya 16,7% sekolah yang siap PTM di masa pandemi.

"Pada tahun ini KPAI sudah melakukan pengawasan ke 42 sekolah pada 12 kabupaten/Kota di 7 provinsi. Pengawasan PTM dibantu mitra KPAI di daerah. Adapun hasilnya menunjukkan peningkatan kesiapan PTM yang mencapai 79,54%, dan yang belum siap hanya 20,46%," katanya.

Rekomendasi KPAI ada di halaman selanjutnya: