Menteri Bintang soal Sinetron Zahra Disetop Sementara: Upaya Lindungi Anak

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 19:54 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga
Bintang Puspayoga (dok. tangkapan layar)
Jakarta -

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengapresiasi keputusan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menghentikan sementara sinetron Suara Hati Istri: Zahra. Bintang meminta orang tua (ortu) mempelajari betul skenario yang diperankan anak sebelum tanda tangan kontrak.

"Keputusan KPI tersebut sangat kami apresiasi sebagai bentuk upaya perlindungan terhadap anak dari tayangan yang tidak mendidik dan melanggar hak anak," kata Menteri Bintang dalam keterangannya, Sabtu (5/6/2021).

Bintang berharap kasus sinetron Zahra menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran bagi rumah produksi dan media televisi untuk menghasilkan konten atau penyiaran yang mendidik, bermanfaat, dan memberi perlindungan anak serta memenuhi hak-hak anak.

Bintang menegaskan setiap tayangan yang disiarkan oleh media elektronik seperti televisi sepatutnya mendukung program pemerintah dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan perkawinan anak, tindak pidana perdagangan orang (TPPO), pencegahan kekerasan seksual, dan edukasi pola pengasuhan orang tua yang benar.

"Pemerintah saat ini tengah berjuang keras mencegah pernikahan usia anak sehingga setiap media dalam menghasilkan produk apa pun yang melibatkan anak, seharusnya tetap berprinsip pada pedoman perlindungan anak, mendasari semua upaya perlindungan anak," tegas Bintang.

Menteri Bintang juga mengingatkan agar mulai proses produksi hingga hasil akhir siap tayang di media harus memenuhi aspek perlindungan terhadap anak dan perempuan. Bintang menilai orang tua pemeran seharusnya juga bijaksana dalam memilih peran yang tepat dan selektif sebelum menyetujui peran yang akan dimainkan oleh anaknya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat Video: 2 Poin Permasalahan Sinetron 'Suara Hati Istri Zahra'

[Gambas:Video 20detik]