Tukang Bangunan yang Ditembak KKB di Ilaga akan Dimakamkan di Alor NTT

Saiman - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 11:46 WIB
Perwakilan dari kerukunan Alor Domikus Kaesia
Perwakilan dari kerukunan Alor Domikus Kaesia (Saiman/detikcom)
Timika -

Tukang bangunan yang tewas ditembak teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Ilaga, Papua, Habel Halenti (30), telah dievakuasi ke Timika. Jenazahnya akan diterbangkan ke kampung halaman di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jenazah Habel tiba kamar jenazah RSUD Mimika, Timika, pukul 11.30 WIT. Perwakilan dari kerukunan Alor, Domikus Kaesia, mengatakan korban baru bekerja kurang-lebih satu tahun sebagai tukang di Ilaga. Domikus juga mengatakan Habel baru menikah sepekan lalu.

"Dia tukang baru kerja di Puncak sekitar setahun dan baru saja menikah seminggu yang lalu. Nanti jam 2 akan dikirim ke Alor," jelas Domi di halaman kamar jenazah RSUD Mimika, Sabtu (5/6/2021).

Peristiwa penembakan Habel terjadi pada Kamis, 3 Juni 2021, sekitar pukul 12.30 WIT. Dia bersama rekannya, MA, berangkat dari kamp karyawan di kompleks Pancuran, Kampung Kibogolome, ke arah Kampung Eronggobak, Distrik Omukia, Ilaga, Puncak, menggunakan mobil dinas milik Pemda Puncak pada pukul 12.30 WIT.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengungkapkan, berdasarkan keterangan MA, keduanya ditodong senjata api oleh KKB yang berjumlah dua orang saat hendak pulang kembali ke Kampung Kibogolome pada pukul 13.00 WIT. Keduanya ditodong dengan satu pucuk laras pendek dan satu pucuk laras panjang.

Nyoman mengatakan korban disebut sempat berteriak 'ampun komandan'. Namun korban justru langsung ditembak oleh salah satu anggota KKB yang menodongkan senpi tersebut sebanyak sekali.

Akibat penembakan itu, korban mengalami luka tembak pada bagian leher kanan dan terkena rekoset pada bahu kiri hingga akhirnya meninggal dunia.

Rekan korban yang ketakutan pun langsung melompat ke dalam mobil tancap gas pergi meninggalkan lokasi. Mobil yang ditumpangi MA itu sempat ditembaki pelaku. Namun, kata Nyoman, peluru hanya mengenai pintu mobil dan tidak mengenai penumpang di dalam mobil. MA pun kemudian menuju Polsek Ilaga dan melaporkan kejadian yang dialami.

(aud/aud)