Tukang Bangunan di Papua Ditembak KKB, Polisi Menolong Juga Diberondong

Saiman - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 16:42 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
Ilustrasi penembakan (Foto: AFP)
Puncak -

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua kembali berulah. Kali ini, seorang tukang bangunan menjadi korban penembakan KKB di Ilaga, Papua.

"Iya siang tadi benar ada penembakan dan korbannya warga sipil," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, saat dimintai konfirmasi, Kamis (3/6/2021).

Peristiwa penembakan itu terjadi pada hari ini, Kamis (3/6/2021). Peristiwa itu bermula saat korban, Habel Halenti (30), bersama rekannya, MA, berangkat dari kamp karyawan di kompleks Pancuran, Kampung Kibogolome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, ke arah Kampung Eronggobak, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, dengan menggunakan mobil dinas milik Pemda Puncak pada pukul 12.30 WIT.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengungkapkan, berdasarkan keterangan MA, keduanya ditodong senjata api oleh KKB yang berjumlah 2 orang saat hendak pulang kembali ke Kampung Kibogolome, pada pukul 13.00 WIT. Keduanya ditodong dengan 1 pucuk laras pendek dan 1 pucuk laras panjang.

Nyoman mengatakan korban disebut sempat berteriak 'ampun komandan'. Namun, korban justru langsung ditembak oleh salah satu anggota KKB yang menodongkan senpi tersebut sebanyak 1 kali.

Akibat penembakan itu, korban mengalami luka tembak pada bagian leher kanan dan terkena rekoset pada bahu kiri hingga akhirnya meninggal dunia.

Rekan korban yang ketakutan pun langsung melompat ke dalam mobil tancap gas pergi meninggalkan lokasi. Mobil yang ditumpangi MA itu sempat ditembaki pelaku. Namun, kata Nyoman, peluru hanya mengenai pintu mobil dan tidak mengenai penumpang di dalam mobil. MA pun kemudian menuju Polsek Ilaga dan melaporkan kejadian yang dialami.

Setelah menerima laporan, aparat gabungan TNI dan Polri yang dipimpin Kapolres Puncak langsung menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) pada pukul 14.00 WIT. Saat tiba di TKP, rombongan personel TNI-Polri langsung diberondong kelompok KKB.

Kontak tembak pun terjadi sekitar 15 menit. Hingga akhirnya gabungan personel TNI/Polri berhasil mengevakuasi korban ke Puskesmas Ilaga.

"Kita tiba di TKP langsung di berondong tembakan oleh para pelaku, yang memang mereka menunggu aparat yang mengevakuasi korban," Kata Nyoman.

Adapun identitas korban sebagai berikut:
Nama : Habel Halenti
Umur : 30 Tahun
Jenis kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Swasta ( tukang bangunan)
Alamat : Kompleks Pancuran, Kampung Kibogolome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak

Tonton juga Video: Polri Petakan 7-9 KKB, Termasuk Kekuatan Persenjataannya

[Gambas:Video 20detik]



(mae/idh)