Jejak Kontroversi Sinetron Suara Hati Istri: Zahra hingga Disetop Sementara

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 09:48 WIB
Gaya Keren Panji Saputra, Pak Tirta dalam Suara Hati Istri Saat Meracik Kopi
Pemeran sinetron Suara Hati Istri: Zahra (Instagram/panjisaputra)

KPAI Undang

Selanjutnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga bertindak. KPAI memastikan akan menindaklanjuti aduan masyarakat terkait sinetron Suara Hati Istri: Zahra lantaran diperankan oleh artis berusia 15 tahun. KPAI menyebut akan memanggil pihak terkait untuk menjelaskan persoalan sinetron tersebut.

"Besok siang (siang ini) kami undang KPI, LSF, dan kementerian terkait untuk membahas bersama terkait hal ini. Apalagi saat ini negara memiliki concern besar untuk peningkatan kualitas perlindungan anak, maka semua sektor, termasuk lembaga penyiaran, harus sejalan," kata Ketua KPAI Susanto saat dihubungi, Rabu (2/6/2021).


Cerita Diubah

KPI Pusat memastikan telah menindaklanjuti aduan masyarakat terkait sinetron Suara Hati Istri: Zahra yang diperankan oleh artis berusia 15 tahun. KPI mengaku telah meminta Indosiar mengubah alur cerita sinetron yang dinilai mempromosikan pernikahan dini itu.

"Sudah dilakukan koordinasi agar alur ceritanya tidak mengarah pada promosi pernikahan dini dan meminta agar pemeran perempuan di bawah umur diganti dalam sinetron tersebut. Indosiar juga sudah merespons baik permintaan kami," kata Ketua KPI Pusat Agung Suprio dalam keterangan tertulis, Kamis (3/6/2021).


Indosiar Buka Suara soal Pemeran

Indosiar menanggapi kegaduhan atas tayangan sinetron ini. Indosiar menerima usulan KPI untuk mengganti Lea Ciarachel, artis berusia 15 tahun yang berperan sebagai istri ketiga.

"Indosiar menerima dan mengapresiasi semua masukan dan menindaklanjutinya dengan segera mengganti pemeran Zahra tersebut dalam tiga episode mendatang," ujar Direktur Program Indosiar Harsiwi Achmad dalam keterangannya, Kamis (3/6).

Harsiwi juga menjelaskan sosok Zahra di sinetron Suara Hati Istri. Sosok tersebut dinarasikan berusia 19 tahun.

"Sosok Zahra merupakan seorang gadis berusia 19 tahun yang baru saja lulus SMA dan menjelang melanjutkan studinya ke jenjang universitas jurusan kedokteran," jelasnya.

Lea Ciarachel, pemeran Zahra, pun memutuskan mundur dari sinetron tersebut.

"Hai teman-teman, aku Lea. Aku ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan support yang sudah kalian berikan selama aku main di sinetron Zahra. Dari hati yang terdalam, aku ingin minta maaf bila ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Aku pamit dulu dari Zahra ya. Jangan lupa untuk terus saksikan Zahra setiap hari," ujar Lea.