Sentilan Fahri Hamzah Agar Tifatul Lebih Galak di Kursi Dewan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 05:42 WIB
Fahri Hamzah
Fahri Hamzah (Foto: Wilda/detikcom)

Fahri Hamzah diketahui kerap berseteru dengan Tifatul Sembiring. Ribut-ribut soal PKS jadi tema utama perdebatan keduanya. Untuk diketahui, Fahri Hamzah dipecat PKS dan kini memimpin Partai Gelora bersama Anis Matta. Salah satunya terkait tuduhan feodalisme di PKS.

Saat itu Fahri menyebut kepemimpinan yang ada di PKS seperti sistem feodalisme. Pernyataan Fahri itu sebetulnya dimaksudkan untuk menjawab Tifatul yang lebih dulu menyinggung Partai Gelora.

"Bagi saya, kalau mereka buat partai baru, ya, monggo. Tapi jangan ngacak-ngacak lagi di sini," ujar Tifatul di sela-sela Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (14/11).

Tak terima disinggung, Fahri pun mengungkap soal kepemimpinan di PKS yang cenderung seperti feodalisme. Dia menyebut pimpinan di PKS tidak bisa disalahkan dan tidak bisa dikoreksi oleh anggota atau kadernya.

"Jadi misalnya Ketua Majelis Syuro dalam kepemimpinannya, partai pecah, begitu. Dia bisa menyalahkan orang lain bahwa partai ini pecah. Padahal dia yang mimpin," kata Fahri terpisah.

"Nah ini yang sebenarnya budaya kepemimpinan yang tidak bertanggung jawab dan memang susah karena feodalisme itu menyatu dengan kekuasaan sehingga tidak ada koreksi kepada pimpinan. Apa yang dikatakan pimpinan seolah benar, padahal ini semua adalah buah dari kesalahan pimpinan," imbuh Fahri.


(gbr/isa)