Haji 2021 Batal, Gimana Nasib Calon Jemaah Haji RI?

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 05:46 WIB
Ilustrasi. Pemberangkatan calon jemaah haji Kudus.
Ilustrasi/Pemberangkatan calon jemaah haji Kudus. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah telah memutuskan kalau pemberangkatan Haji tahun 2021 ditiadakan. Lantas bagaimana nasib calon jemaah haji RI?

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jendral Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi mengatakan pihaknya memang belum mempersiapkan calon jemaah haji untuk berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Sebab, belum ada informasi resmi dari pemerintah Arab Saudi.

"Kita belum tahu berapa jemaah yang diberangkatkan, maka itulah kita tidak bisa mengambil kesimpulan karena sampai saat ini belum ada informasi tentang ibadah haji. Jadi asumsi kita yang pernah disebutkan itu asumsi tahun 2020," kata Khoirizi, kepada wartawan, Kamis (3/6/2021).

Khoirizi di tahun berikutnya jika ada perizinan haji dari Indonesia, maka sistem keberangkatannya tetap sama. Yang daftar lebih dulu yang akan diprioritaskan.

"Sebagai mana asas penyelenggaraan itu kan siapa daftar duluan mereka duluan dan jika belakangan berangkat belakangan. Kalau dia bergeser tahun 2020 demikian yang lain juga bergeser, " ujarnya.

Dia mengatakan sejauh ini para jemaah mengerti dengan keputusan pemerintah. Sebab, hal ini juga demi melindungi keselamatan para jemaah mengingat situasi pandemi yang belum berakhir.

"Alhamdulillah berkat bantuan kawan-kawan media saya melihat kondusif, karena apa bukan ada alasan yang lain-lain, tapi alasan keselamatan, karena dalam UU itu kan ada tiga kewajiban yang harus dilakukan pemerintah, pertama pembinaan, kedua pelayanan, ketiga perlindungan," ujarnya.

"Ketika kita bicara perlindungan di masa pandemi ini tentu keselamatan menjadi faktor utama," lanjutnya.