Pembuat Surat Bebas COVID-19 Palsu Ditangkap di Bandara Pekanbaru

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 17:15 WIB
ilustrasi pria diborgol
Foto ilustrasi pria ditangkap. (Thinkstock)
Jakarta -

Polisi menangkap AP (40) lantaran memalsukan surat bebas COVID-19 di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau. Pria itu ditangkap setelah polisi mengamankan seorang penumpang.

Informasi yang diterima detikcom, pemalsuan surat bebas COVID-19 itu terungkap saat polisi menerima laporan masyarakat.

"Pemalsuan di luar bandara, pengungkapan di bandara," ujar Executive GM Bandara SSK Pekanbaru, Yogi Prastiyo, kepada detikcom, Kamis (3/6/2021).

Dari laporan tersebut, Satreskrim Polresta Pekanbaru langsung memeriksa sejumlah saksi. Selanjutnya seorang penumpang wanita berinisial S diamankan.

Di hadapan petugas, S mengaku surat bebas COVID-19 itu dibuat di luar bandara tanpa melakukan swab antigen. Ia kemudian diamankan di bandara sebelum keberangkatan.

Setelah diamankan, S kemudian diperiksa untuk swab ulang yang hasilnya negatif COVID-19. Selanjutnya penumpang itu diperbolehkan melanjutkan perjalanan dan hanya menjadi saksi.

"Saat ini sudah ditangani pihak Polresta Pekanbaru. Dari hasil pemeriksaan oleh pihak yang berwenang penumpang hanya korban, jadi dilakukan pemeriksaan COVID-19 ulang dan hasil negatif. Atas izin pihak berwenang penumpang tersebut diizinkan melanjutkan penerbangan," jelas Yogi.

Dari keterangan S, polisi lalu menangkap AP. Pelaku kini tengah diperiksa.

"Ya, benar (ada ungkap kasus pemalsuan surat bebas COVID-19). Kasusnya sudah ditangani bersama Polda Riau," tegas Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang dalam kesempatan terpisah.

Nandang mengatakan penyidik saat ini tengah mengumpulkan barang bukti dan sejumlah berkas. Kasus telah limpahkan ke Polda Riau.

"Nanti dirilis bersama Polda, karena kasus ini juga sudah kami limpahkan," katanya.

(ras/aud)