Road Bike di Makassar Juga Disorot, Peletonan Terobos Lampu Merah

Ibnu Munsir - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 16:40 WIB
Viral komunitas sepeda di Makassar terobos lampu merah
Viral komunitas sepeda di Makassar terobos lampu merah (Tangkapan layar video viral)
Makassar -

Viral pesepeda road bike menerobos lampu merah Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Polisi menyatakan aksi tersebut membahayakan pengguna jalan lainnya.

"Tentu hal tersebut seharusnya tidak dilakukan ya, karena setiap orang yang bersepeda, termasuk komunitas sepeda yang sedang melakukan giat bersepeda di jalan raya, harus mematuhi akan rambu rambu lalu lintas yang ada di jalan raya untuk keselamatan bersama," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan pada Kamis (3/5/2021).

Polda Sulsel akan menindak bagi para road biker yang nakal di jalan jika terus membandel. Zulpan menuturkan polisi tegas terhadap pelanggar aturan.

"Pelanggaran seperti itu (pesepeda menerobos lampu merah), sangat berbahaya bagi keselamatan para pesepeda dan masyarakat pengguna jalan lainnya, karena mereka tidak mengindahkan lampu merah yang ada," tegas dia.

"Tentu Polri, anggota lalu lintas yang ada di jalan, tidak akan segan-segan untuk melakukan teguran maupun penindakan terhadap komunitas sepeda tersebut," sambung dia.

Sementara itu, Kepala Urusan Operasional Satlantas Polrestabes Makassar, AKP Emy Hartati menyebut para pesepeda road bike melaju dengan kecepatan tinggi saat menerobos lampu merah. Hal itu membuat pengguna jalan lainnya mengalah.

"Kalau saya lihat videonya, jelas 100 persen salah. Dia menerobos lampu merah dengan kecepatan tinggi. Bagaimana pengendara lain tak memberikan kesempatan," kata Emy dalam kesempatan terpisah.

Emy menuturkan identitas sejumlah pesepeda itu belum diketahui sehingga akhirnya pihaknya memberi imbauan kepada seluruh komunitas pesepeda yang melintas di jalan.

"Pada umumnya kelompok sepeda belum tahu dia dari mana. Tapi seluruh komunitas sepeda yang lewat kita beri imbauan dan edukasi untuk taat dengan aturan lalu lintas," sambung dia.

Lihat juga Video: Langkah Serius Polisi Untuk Tilang Road Biker Nakal

[Gambas:Video 20detik]




(aud/aud)