Indosiar Buka Suara soal Remaja Perankan Istri Ketiga di Suara Hati Istri

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 11:20 WIB
Remote  Kontrol TV.  dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi televisi (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Indosiar angkat bicara terkait sinetron 'Suara Hati Istri: Zahra' yang ramai diperbincangkan. Indosiar menerima usulan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk mengganti Lea Ciarachel, artis berusia 15 tahun yang berperan sebagai istri ketiga.

"Indosiar menerima dan mengapresiasi semua masukan dan menindaklanjutinya dengan segera mengganti pemeran Zahra tersebut dalam tiga episode mendatang," ujar Direktur Program Indosiar Harsiwi Achmad dalam keterangannya, Kamis (3/6/2021).

Harsiwi juga menjelaskan sosok Zahra di sinetron Suara Hati Istri. Sosok tersebut dinarasikan berusia 19 tahun.

"Sosok Zahra merupakan seorang gadis berusia 19 tahun yang baru saja lulus SMA dan menjelang melanjutkan studinya ke jenjang universitas jurusan kedokteran," jelasnya.

Karena adanya berbagai teguran dari netizen hingga KPI, pihak Indosiar akan mengingatkan rumah produksi (production house) agar hanya melibatkan artis berusia dewasa.

"Hal ini akan menjadi acuan bagi Indosiar untuk senantiasa mengingatkan rumah produksi agar hanya melibatkan pemeran berusia 18 tahun ke atas untuk peran yang sudah menikah," imbuh Harsiwi.

"Indosiar sudah menyampaikan hal ini ke Komisi Penyiaran Indonesia," lanjutnya.


Teguran Menteri PPPA

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) angkat bicara soal sinetron Suara Hati Istri: Zahra. Kemen PPPA menegaskan sinetron itu melanggar hak anak.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga (Dok. Kementerian PPPA)Menteri PPPA Bintang Puspayoga (dok. Kementerian PPPA)

"Kemen PPPA menegaskan sinetron 'Suara Hati Istri: Zahra' yang ditayangkan oleh media televisi Indosiar merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak anak di mana anak berusia 15 tahun diberi peran sebagai istri ketiga dan dipoligami," kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam keterangan tertulis, Kamis (3/6/2021).

Baca selengkapnya di halaman berikutnya

Simak video 'Jadi Kontroversi, Pemeran Zahra di Suara Hati Istri Akan Diganti':

[Gambas:Video 20detik]