Polisi: Aksi Pria Bugil Maling Sepeda di Palembang Diduga Berkomplot

Prima Syahbana - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 10:15 WIB
Screenshot video viral pria bugil terekam CCTV maling sepeda di Palembang (dok. Istimewa)
Screenshot video viral pria bugil terekam CCTV maling sepeda di Palembang (Dok. Istimewa)
Palembang -

Viral sebuah video rekaman CCTV seorang pria tengah melakukan aksi pencurian sepeda di Palembang, Sumatera Selatan. Saat melancarkan aksi pencurian, pelaku ini tanpa mengenakan busana apa pun alias bugil.

Dilihat detikcom, Rabu (2/6/2021), dalam video berdurasi 41 detik itu, terlihat pria dalam kondisi bugil terekam kamera CCTV sedang melakukan pencurian sepeda di Jalan Tembok Baru, Palembang, Sumut. Pria itu mengendap-endap di teras rumah salah satu warga.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, Kompol Tri Wahyudi, membenarkan kejadian itu. Dia mengaku pihaknya sejauh ini masih melakukan penyelidikan terkait video tersebut dan memburu pelaku yang diduga berjumlah lima orang itu.

"Kita masih lidik dan akan segera menangkap pelaku. Pelaku yang beraksi tanpa busana ini beraksi tidak sendiri, kita menduga mereka komplotan, ada sekitar 5 orang. Yang jelas akan kita tangkap," kata Tri kepada detikcom, Rabu (2/6).

Secara terpisah, ketua RT setempat, Andi, selaku korban menjelaskan aksi pencurian sepeda oleh pria bugi terjadi pada Selasa (1/6), sekitar pukul 00.30 WIB. Satu unit sepeda milik anak Andi hilang saat semua orang sedang tertidur pulas.

"Benar pelaku yang tidak memakai busana itu sudah mencuri sepeda anak saya," ujar Andi.

Andi menduga pelaku pelaku sebelumnya telah mengintai lokasi. Menurutnya, pria bugil pencuri sepeda itu masuk ke rumah kosong tempat Andi menyimpan sepeda anaknya.

"Pintu rumah itu memang nggak dikunci, dan saya biasa meletakkan sepeda anak saya di sana. Dan pelaku ini waktu bawa sepeda sekitar pukul 04.00 WIB dini hari dan dilihat dari CCTV pelaku ini memang nggak pakai baju (telanjang). Rumah kosong itu milik saudara saya," ujarnya.

Andi menyebut pelaku pencurian sepeda itu tidak sendiri saat melakukan aksinya. Menurutnya, dua orang yang diduga teman pelaku terlihat mondar-mandir di sekitar rumah sejak pukul 01.00 WIB hingga 05.00 WIB.

"Kami nih baru tahu kejadian ini pukul 06.00 WIB pagi. Saya harap pelaku bisa ditangkap dan agar warga kami kami bisa tenang, karena bukan cuma sekali waktu itu sudah pernah hilang 2 ekor burung, sepeda sudah dua unit beserta yang baru hilang ini," jelasnya.

(fas/fas)