Laris Manis Jelang Pilpres 2024, Begini Potret Survei Puan Maharani

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 14:46 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani didampingi sejumlah anggota DPR RI melakukan ramah tamah dengan koordinator wartawan DPR RI di Ancol, Jakarta, Jumat (13/12/2019). Puan mengajak para wartawan agar DPR berkualitas, modern dan bersih.
Puan Maharani (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Puan Maharani laris manis diusulkan maju pada Pilpres 2024. Bagaimana survei elektabilitas Ketua DPR RI itu pada bursa calon presiden. Berikut datanya.

Usulan Puan menjadi capres ataupun cawapres ramai diwacanakan akhir-akhir ini. Pertama, Puan diusulkan menjadi cawapres Prabowo Subianto pada 2024.

Duet Puan Maharini-Anies Baswedan juga diusulkan oleh politikus PDIP Effendi Simbolon. Tak mau kalah, PKB mengusulkan Puan Maharani berduet dengan ketum mereka, Muhaimin Iskandar.

Seperti apa pilihan responden mengenai elektabilitas Puan. Berikut elektabilitas Puan dalam beberapa survei nasional:

Survei Y-Publica

Pada survei yang dilakukan Y-Publica, elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani dalam bursa calon presiden (capres) rendah, hanya mencapai 0,7 persen. Namun Puan diunggulkan dalam bursa calon wakil presiden (cawapres).

Temuan survei Y-Publica menunjukkan elektabilitas Puan paling tinggi di antara sejumlah nama populer lainnya, yakni mencapai 16,2 persen, dalam bursa cawapres itu.


Survei ARSC

Survei ini digelar pada 26 April-8 Mei 2021 melalui wawancara telepon. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak di 34 provinsi. Margin of error survei ini kurang-lebih 2,9 persen.

Puan Maharani mendapat elektabilitas sebanyak 2,48 persen pada bursa calon presiden. Puan berada pada posisi ke-9 dari 16 nama.

Simak juga video 'Adu Elektabilitas Puan Vs Ganjar Untuk Capres 2024 di 5 Hasil Survei':

[Gambas:Video 20detik]