Round-Up

Manuver Effendi Simbolon: Serang Prabowo, Capreskan Puan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 08:09 WIB
Prabowo berjabat tangan dengan Effendi Simbolon di rapat Komisi I DPR, 20 Februari 2020.
Prabowo berjabat tangan dengan Effendi Simbolon di rapat Komisi I DPR. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon tercatat dua kali bermanuver menyinggung Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Pertama, Prabowo tak lagi menarik dicapreskan, kedua Effendi 'menyerang' Prabowo karena tak menghadiri rapat Komisi I DPR.

Teranyar, Effendi menyerang Prabowo yang tidak hadir dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi I DPR. Effendi merupakan anggota Komisi I DPR.

Prabowo memang tidak hadir dalam RDP Komisi I DPR yang digelar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021) kemarin. Selain Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga tidak hadir.

Dari pihak Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Prabowo diwakili Wakil Menhan (Wamenhan) M Herindra. Selain itu, hadir dalam rapat Kepala Bais TNI, KSAD, KSAL, dan KSAU.

Effendi sempat melakukan interupsi saat pimpinan rapat hendak memutuskan rapat digelar tertutup. Saat itulah anggota DPR Dapil Jakarta III itu 'menyerang' Prabowo.

"Karena ini RDP, jadi rakernya (rapat kerja) kan hari Rabu. Jadi kenapa tidak digeser saja materi ini, dibawakan menteri di hari Rabu? Jadi, karena kita harus taat, patuh kepada asas juga, sehingga kita tidak hanya mendengar dari sisi penjelasan dari pihak, tapi memang yang punya kewenangan sesuai konstitusi," kata Effendi dalam rapat.

Komisi I DPR juga sudah mengagendakan raker bersama Menhan Prabowo. Effendi Simbolon menekankan bahwa Prabowo harus hadir dalam raker pada Rabu lusa.

"Padahal, Rabu kita ada dengan beliau (Prabowo) lagi. Ya dengan catatan pasti hadir, harus. Apa kita harus panggil paksa? Karena Kita punya juga ketentuan panggil paksa, Pak, ada, DPR bisa panggil paksa," ujarnya.

"Jadi ini juga jangan kemudian hampir setahun kita tidak pernah bertemu dengan Menhan di sini," tegas Effendi.

Simak juga video 'Legislator PDIP Protes Prabowo Absen Rapat: Apa Harus Panggil Paksa?':

[Gambas:Video 20detik]



Baca manuver Effendi duetkan Puan-Anies Baswedan ketimbang Prabowo-Puan di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2