Round-Up

Mencuat Wacana Puan-Anies tapi Dianggap Tak Mungkin Jadi Nyata

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 07:05 WIB
Puan Maharani dan Boy William
Puan Maharani Foto: (dok.YouTube)
Jakarta -

Mencuat wacana memasangkan Puan Maharani dan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Namun, wacana itu dinilai tidak akan mungkin terjadi.

Wacana itu dilemparkan oleh politikus PDIP Effendi Simbolon. Dia keluar dari wacana duet yang berkembang Prabowo Subianto-Puan Maharani.

"Saya punya usul, saya bilang Mba Puan itu dipasangakannya harus sama Anies. Ya jangan lagi Prabowo. Jadi Puan capres, Anies cawapres," kata Effendi kepada wartawan, Minggu (30/5/2021).

Effendi menyebut duet Puan-Anies sebagai rekonsiliasi nasionalis dengan religius. Anggota DPR RI itu menyarankan Gerindra mendukung pasangan Puan-Anies tanpa memiliki calon, baik di posisi capres maupun cawapres.

"Itu baru rekonsiliasi nasionalis dan religi," sebut Effendi.

"Kan usul, kalau usul saya Mba Puan itu masuk maju dengan figur. Kan PDIP bisa nyalon sendiri, PDIP. Jadi kali ini Gerindra ikut mendukung lah di belakang," imbuhnya.

Bagi Effendi, ada nilai lebih jika Puan diduetkan dengan Anies. Sementara, jika diduetkan dengan Prabowo, tidak ada hal yang menarik.

"Ayo kalian mau celah di mana lagi, nasionalis dan religius sudah bersatu semua, mau apa coba. Itu kan baru sesuatu. Kalau cuma Prabowo-Puan, menurut saya, nggak ada yang news," tuturnya.

Seperti diketahui, wacana Prabowo-Puan mengemuka usai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berpolemik dengan partainya, PDIP. Ganjar disebut-sebut hendak maju sebagai Capres 2024 dengan memanfaatkan pasukan di media sosial. Ganjar bahkan sempat disindir keras oleh Puan soal aktivitasnya di medsos.

Simak video 'Megawati ke Petugas Partai: Harus Nurut Apa yang Ditugasi Partai':

[Gambas:Video 20detik]