Ganjar Pranowo Posting Video Megawati di Hari Lahir Pancasila

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 14:26 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Batang, Kamis (20/5/2021).
Ganjar Pranowo (Robby Bernardi/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memposting video Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Hari Lahir Pancasila. Ganjar mengatakan video tersebut berisi penjelasan proses lahirnya Pancasila.

Dilihat detikcom, video tersebut diunggah di akun Instagram resmi Ganjar @ganjar_pranowo, Senin (1/6/2021). Video tersebut berdurasi 4 menit.

"Kesatuan Proses lahirnya Pancasila. Founding fathers negara kita telah melakukan sebuah pengejawantahan makna kehidupan masyarakat di Tanah Air," tulis Ganjar.

[Gambas:Instagram]



Ganjar mengatakan dasar Pancasila tercipta dari sebuah penyelaman yang mendalam. Dia menyebut fondasi utama terbentuknya Pancasila melalui pidato Bung Karno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

"Penyelaman lebih dalam kemudian dilakukan demi terciptanya sebuah dasar negara bernama Pancasila. Dan pondasi utamanya adalah pidato Bung Karno dalam sidang BPUPK pada 1 Juni 1945 atau 76 tahun silam," ujarnya.

Ganjar mengajak masyarakat merenung dan mengamalkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dia meminta semuanya melihat hati sanubari masing-masing dalam mengamalkannya.

"Sepanjang usia Pancasila itu, sudah seberapakah kita mengamalkan dan berpegang teguh pada sila-silanya dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air? Mari tengok lebih dalam ke hati sanubari kita masing-masing," imbuhnya.

Seperti diketahui, 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Hari Lahir Pancasila juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

(gbr/rdp)