PDIP Sentil Anies soal Road Bike: Bikin Macet, Pengawasan Sulit!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 09:23 WIB
Komunitas sepeda road bike meminta dispensasi waktu tertentu untuk jenis road bike dapat menggunakan jalur kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin.
Road biker di Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya tengah menggodok aturan terkait tilang bagi road biker yang nakal. PDIP DKI Jakarta meminta penggunaan jalan raya bagi road bike dikaji ulang karena sulit dilakukan pengawasan.

"Sejak awal polisi sudah merasa kebijakan sepeda ini tidak tepat karena bikin macet, pengawasan sulit, dan lain-lain seperti kita baca di media," kata anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak, kepada wartawan, Senin (31/5/2021).

Gilbert juga mengomentari pernyataan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo yang mengatakan tilang bagi road biker nakal dinilai mendesak. Menurutnya, aturan mengenai tilang itu tak bisa dibuat dalam waktu singkat.

"Kalau sanksi mendesak untuk menghindari benturan, DPRD juga tidak bisa kasih solusi mendadak begini karena ini kebijakan sepihak Gubernur tanpa melibatkan DPRD. Kalau menyangkut sanksi, pergub itu kekuatan hukumnya di bawah perda," jelasnya.

Gilbert kemudian menyoroti fasilitas khusus yang diberikan Pemprov DKI kepada pesepeda. Dia meminta agar ada kajian mengenai sepeda digunakan sebagai alat transportasi di Ibu Kota.

"Melihat banyaknya masalah karena kebijakan soal sepeda ini, juga penghamburan anggaran di tengah APBD yang masih sulit, sebaiknya dikaji ulang seberapa mendesak sepeda saat ini untuk kebutuhan warga DKI sebagai sarana transportasi," kata dia.

"Beberapa masalah terakhir soal sepeda adalah masalah hobi, bukan sepeda untuk kerja. Konsep sepeda ini harus jelas, buat kerja, transportasi, atau hobi. Kajiannya tidak ada," sambungnya.

Lebih lanjut Gilbert meminta Gubernur Anies Baswedan menjelaskan kebijakannya mengenai sepeda menjadi alat transportasi. Dia menilai banyak timbul masalah baru akibat kebijakan mengenai penggunaan sepeda di Ibu Kota.

"Kalaupun ada benturan di masyarakat, itu buah dari kebijakan Gubernur yang tidak jelas. Setidaknya ada penjelasan dari Gubernur, apakah mengurus orang yang sedang hobi atau mengurus transportasi masyarakat? Itu hal yang beda sekali," tuturnya.

Simak video 'Langkah Serius Polisi Untuk Tilang Road Biker Nakal':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2