e-Life

Setop Goda Orang Sembarangan, Itu Pelecehan Seksual Cat Calling

dtv - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 06:58 WIB
Jakarta -

Cat calling adalah salah satu bentuk pelecehan seksual di ruang publik yang paling sering terjadi. Masyarakat yang masih menormalisasi hal ini dan menganggapnya sepele, turut menjadi penyebab mengapa fenomena cat calling masih langgeng terjadi.

Salah satu public figure yang aktif menyuarakan untuk melawan pelecehan seksual adalah Cinta Laura. Aktris berdarah Jerman-Indonesia ini membagikan pengalamannya mengalami cat calling setelah menghadiri sebuah acara beberapa waktu lalu.

Tindakan yang dilakukan Cinta Laura untuk melawan pelaku adalah dengan menghampirinya dan mengancam merekam wajah pelaku untuk dilaporkan. Nyatanya, pelaku pun takut dan bergegas pergi tidak lama setelahnya.

Apa yang dilakukan oleh Cinta Laura dalam melawan pelaku cat calling tentu bisa menjadi kiat bagi siapapun yang juga mengalami pengalaman serupa.

Sebagai tambahan, perlu diingat bahwa keselamatan korban juga harus diutamakan. Korban harus memastikan situasinya aman untuk melawan.

"Selalu liat situasi, cat calling itu sedikit tricky karena bisa terjadi di manapun. Bahkan di kantor kita sendiri pun bisa gitu kan, atau di sekolah kita. Selalu liat situasi, apa situasi yang aman atau nggak," tutur Bunga Astiti, Direktur Yayasan Samahita Bandung, sebuah komunitas anti kejahatan seksual, pada program eLife, Jumat (28/05/2021).

Bunga menuturkan bahwa apabila keadaan memang memungkinkan korban untuk melawan atau menegur pelaku, maka lebih baik dilakukan. Akan tetapi, jika keadaan berkata sebaliknya, Bunga menyarankan untuk cari pertolongan.

"Kalau situasinya nggak memungkinkan untuk negur di tempat, mungkin yang bisa kita lakukan ya lari, atau misalnya telepon seseorang, kalau misalnya bawa HP. Kalau nggak ada HP ya kita cari keramaian, cari di mana kita bisa cari pertolongan karena ada orang lain," jelasnya.

Tindakan cat calling seringkali dianggap remeh dan dinormalisasi, sehingga korban justru merasa bahwa rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh catcalling ini seakan tidak valid.

Meski demikian, perlu digarisbawahi bahwa cat calling bukanlah bentuk ekspresi pujian, melainkan pelecehan. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk turut melawan budaya cat calling atau pelecehan seksual apapun di ruang publik.

(gah/gah)