Gubsu Puji Isolasi Lingkungan di Medan: Itu Gunanya Wali Kota Bekerja

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 15:26 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Foto: Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memuji isolasi yang dilakukan karena tingginya kasus virus Corona di dua lingkungan di Medan. Edy menyebut itulah gunanya wali kota.

"Sangat bagus, itulah gunanya Wali Kota dan Bupati bekerja," ucap Edy di RS Martha Friska Medan, Senin (31/5/2021).

Edy menyampaikan hal itu usai meresmikan RS Martha Friska, Medan, sebagai RS rujukan pasien Corona. RS ini kembali dibuka sebagai rujukan setelah sempat ditutup karena habis kontrak dengan Satgas COVID-19 Sumut.

Edy mengatakan isolasi lingkungan di Medan sebagai salah satu cara menangani virus Corona. Menurutnya, penanganan virus Corona harus dilakukan semua pihak.

"Secara teknis itu di bawah Bupati dan Wali Kota. Pemprov hanya melihat, itu ada yang kesulitan Bupati dan Wali Kota, Pemprov turun di situ. Seperti Deli Serdang, itu sedang kesulitan, Pemprov turun di situ ikut serta bersama-sama men-support Kabupaten," ucapnya.

Edy meminta sosialisasi untuk mematuhi protokol kesehatan ke warga terus dilakukan. Dia cerita soal dirinya yang menemukan warga datang takziah tidak menggunakan masker.

"Saya baru pulang dari tempat orang meninggal, saya takziah di situ, orang tak mau pakai masker, tak mau mengatur jarak, kalau caranya begini apapun kita siapkan itu nanti tak terpenuhi," jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak dua lingkungan di Medan diisolasi karena kasus positif COVID-19 tinggi. Isolasi dilakukan selama 7 hari.

"Warga yang terpapar dan melakukan isolasi mandiri di lingkungan yang diisolasi nantinya Pemko Medan akan memenuhi nutrisinya dengan memberikan makanan yang siap dikonsumsi dan suplemen maupun vitamin," ujar Sekretaris Daerah Kota Medan, Wirya Al Rahman, Jumat (28/5).

"Selain itu mereka juga akan dipantau perkembangan kesehatannya setiap hari," tambahnya.

Daerah yang diisolasi yaitu Lingkungan VII, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. Selain itu Lingkungan X, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, juga diisolasi.

"Isolasi lingkungan dilakukan mulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB. Berlaku hingga 7 hari ke depan," ucap Wirya.

Lihat juga video 'Tabung Oksigen Kosong Berujung Pasien Meninggal, RS Pirngadi Buka Suara':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)